Kompas.com - 13/11/2018, 16:50 WIB

KOMPAS.com - Fauzan A Mahanani (43) bersama kedua binaannya, Risa Nurhaeni (18) dan Didik Maulana Ardiansyah (19) membuat suatu aplikasi untuk memerangi tersebarnya berita bohong atau hoaks.

Tim Antihoax ini berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Beredarnya pemberitaan tanpa adanya sumber yang jelas ini memang banyak dikonsumsi masyarakat, terutama penyebarannya yang masif di media sosial.

"Karena maraknya berita beredar yang kebenarannya sering kali meragukan dan rawan menjadi pemicu keresahan di masyarakat, dan bisa memecah belah persatuan bangsa," ujar Fauzan saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (13/11/2018).

Oleh karena itu, menurut Fauzan, butuh sarana untuk mengonfirmasi atau mengklarifikasi kebenaran berita tersebut dari pihak-pihak yang terkait.

Kemudian, pada 2016 mereka berinisiatif membuat aplikasi Antihoax yang berguna untuk meminimalisasi penyebaran hoaks.

Baca juga: Kepala Badan Bahasa Sebut Literasi Cara Ampuh Tangkal Hoaks

Awalnya, pembuatan aplikasi ini adalah tugas mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak yang selanjutnya dikembangkan dan didaftarkan pada suatu kompetisi.

"Aplikasi ini dibuat oleh siswa SMKN 1 Bawang, Banjarnegara di kompetisi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak," ujar Fauzan, yang juga guru dalam mata pelajaran tersebut.

Setelah setahun tahap pengembangan aplikasi Antihoax, tim beranggotakan tiga orang ini akhirnya merilis aplikasi itu pada April 2017.

"Bisa dipakai di ponsel Android, dan dibuka di browser pada laptop," ujar Fauzan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.