Tas Berpendar Antar FIA UI Raih Juara Pertama KMI 2018

Kompas.com - 14/11/2018, 09:00 WIB
FIA UI berhasil raih juara pertama di ajang kewirausahaan tahunan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX 2018, Institut Pertanian Bogor. Dok. FIA UIFIA UI berhasil raih juara pertama di ajang kewirausahaan tahunan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX 2018, Institut Pertanian Bogor.

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) berhasil menarik perhatian di ajang kewirausahaan tahunan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX 2018, Institut Pertanian Bogor.

Tim yang dinamakan "Spextrum" ini berhasil meraih Juara 1 kategori industri I Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award.

Pembimbing sekaligus Dosen Ilmu Administrasi Niaga, Fibria Indriati, menyampaikan ada 2 tim FIA UI lolos dalam proposal ini dari 18 tim yang mengirimkan proposal.

Tim pertama menghadirkan brand "Spextrum" memproduksi tas reflektif yang jika terkena cahaya dapat berpendar. Sedangkan tim kedua produksi reversable kimono "Ariana".

 

“Produk-produk tersebut sudah diproduksi secara umum walau masih ada kendala dalam beberapa hal seperti bahan baku yang sulit diperoleh dan waktu pengerjaan yang disela-sela pembuatan skripsi,” kata Indri (13/11/2018).

Baca juga: Tantangan Ilmu Administrasi Hadapi Era Global dan Digital

Dua proposal yang lolos ini juga mendapatkan pendanaan dan pengembangan produk serta dimonitor.

Proposal tim "Spextrum" berhasil didanai Rp 12 juta, ditambah hadiah sebagai Juara 1 mereka mendapatkan dana sebesar Rp 8 juta. Tim "Spextrum" terdiri dari Hafiz Nurfajri, Fadhlurrahman, M. Nursyaadillah, dan Moch. Zulvikar.

Sementara tim "Ariana" berhasil mendapatkan dana pengembangan produk sebesar Rp 20 juta.

Kiat berwirausaha mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga sudah didorong sejak diberikan mata kuliah kewirausahaan. Mahasiswa ini lalu didorong untuk persiapan KMI award.

Produk ini pun berkembang dengan menggunakan jalur pemasaran secara online menggunakan sosial media.

“Mereka juga mendapatkan jejaring, karena kemarin juga dideklarasikan Indonesia Student Enterpreneur Network yang terdiri dari perguruan-perguruan tinggi se-Indonesia,” tambah Indri.

KMI Award merupakan kompetisi untuk menentukan wirausaha dan stand terbaik, sebagai salah satu agenda utama dalam ajang kewirausahaan tahunan Expo KMI IX 2018.

Dalam KBMI bisnis yang diikutsertakan adalah industri kreatif non-kuliner. Bisnis yang dipresentasikan beragam, dari mulai tas, pakaian hingga aplikasi. KMI ekspo dan award tingkat nasional ini diikuti 124 perguruan tinggi seluruh indonesia dengan 1.144 peserta.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X