Jaring Inovasi Orang Muda, Universitas Pertamina Gelar 'SPACE UP 2018"

Kompas.com - 17/11/2018, 18:48 WIB
Universitas Pertamina menyelenggarakan kegiatan Scientific Paper Competition (SPACE UP) tingkat nasional (15-16/11/2018) Dok. Universitas PertaminaUniversitas Pertamina menyelenggarakan kegiatan Scientific Paper Competition (SPACE UP) tingkat nasional (15-16/11/2018)

KOMPAS.com - Universitas Pertamina mengadakan kegiatan "Scientific Paper Competition (SPACE UP)" tingkat nasional. 

Kegiatan ini bermaksud menjaring ide dan inovasi generasi muda untuk tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di bidang energi, UKM Riset dan Karya Tulis Ilmiah.

Kegiatan bertema “Millenials in Energy Innovation for Indonesia” tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengimplementasian poin ke-7 SDGs di Indonesia, yakni Affordable and Clean Energy.

SPACE UP dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-61 PT Pertamina (Persero) yang jatuh tangal 10 Desember 2018, sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018. 

Kegiatan pengumpulan dan seleksi karya tulis telah berlangsung selama dua bulan terhitung September sampai Oktober 2018. 

Baca juga: Menuju Universitas Energi Kelas Dunia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tercatat 204 mahasiswa tergabung dalam 68 tim dari berbagai universitas di Jawa, Sumatera dan Sulawesi  telah berpartisipasi dalam pengumpulan karya tulis.

Tiga tim dengan karya terbaik dipilih sebagai pemenang berdasarkan penilaian juri yang berasal dari kementerian dan akademisi, yaitu Prahoro Yulijanto Nurtjahyo selaku Senior Advisor for Investment and Development of Infrastructure, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Budi Prawara dan Haznan Abimanyu selaku Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Universitas Pertamina menyelenggarakan kegiatan Scientific Paper Competition (SPACE UP) tingkat nasional (15-16/11/2018)Dok. Universitas Pertamina Universitas Pertamina menyelenggarakan kegiatan Scientific Paper Competition (SPACE UP) tingkat nasional (15-16/11/2018)

“Banyaknya peserta yang datang dari berbagai penjuru tanah air menunjukkan kesadaran yang tinggi dari para milenial terdidik akan pentingnya energi ramah lingkungan untuk menunjang pencapaian SDGs,"  Budi W. Soetjipto, Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan, dan Kerjasama Universitas Pertamina.

Budi menambahkan, Universitas Pertamina sebagai salah satu pemangku kepentingan di bidang pendidikan tinggi akan terus mendorong perluasan dan peningkatan kesadaran ini demi terwujud dan terpeliharanya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. 

Puncak acara SPACE UP diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 15 sampai 16 November 2018. Acara di hari pertama diawali dengan pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah, Vlog Competition dan Photo Contest, serta kunjungan industri ke Pertamina Research and Technology Center (RTC) dan wisata ke Monumen Nasional.

Hari kedua diselenggarakan seminar bertema “Smart City and Smart Village” dan sosialisasi program “Move On” dari PT Pertamina (Persero) bertujuan mengajak masyarakat Indonesia beralih menggunakan BBM berkualitas ramah lingkungan. 

Universitas Pertamina merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT Pertamina (Persero) di bidang pendidikan. Universitas Pertamina memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi dengan kurikulum dibuat berbasis kebutuhan industri energi. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X