Menuju Universitas Energi Kelas Dunia

Kompas.com - 22/10/2018, 16:30 WIB
ISMS, Universitas Pertamina dan Universiti Teknologi Petronas mengadakan ?International Conference on Science, Management, and Engineering 2018? (ICSME 2018) mengangkat tema ?THE FUTURE IS NOW: How Strategy and Technology Determine the Winners of Tomorrow?, di Jakarta, (22/10/2018). Dok. Kompas.comISMS, Universitas Pertamina dan Universiti Teknologi Petronas mengadakan ?International Conference on Science, Management, and Engineering 2018? (ICSME 2018) mengangkat tema ?THE FUTURE IS NOW: How Strategy and Technology Determine the Winners of Tomorrow?, di Jakarta, (22/10/2018).

KOMPAS.com - Indonesian Strategic Management Society (ISMS), Universitas Pertamina dan Universiti Teknologi Petronas mengadakan “International Conference on Science, Management, and Engineering 2018” (ICSME 2018) dengan mengangkat tema “THE FUTURE IS NOW: How Strategy and Technology Determine the Winners of Tomorrow“, di Jakarta, (22/10/2018).

Acara ini bertujuan sebagai ajang tukar pikiran, ide, dan gagasan dari para pakar dan peneliti dalam pengembangan hasil riset di bidang strategi, manajemen, teknologi dan energi.

Selain itu, melalui acara ini juga diharapkan dapat mengeksplorasi sejauh mana persiapan dan strategi perusahaan di Indonesia dan Asia Pasifik dalam memenangkan persaingan global.

"ISMS menggandeng universitas untuk memberikan kerangka pikir yang kokoh didukung oleh data empiris yang obyektif dalam rangka mengembangkan teknologi dan merumuskan strategi guna memenangkan persaingan yang semakin ketat," jelas  president ISMS, Sari Wahyuni.

Universitas energi kelas dunia 

Terkait hal itu, Rektor Universitas Pertamina, Prof Akhmaloka menyampaikan kepada Kompas.com, pihaknya ingin menjadi "universitas kelas dunia" terutama dalam bidang energi.

"Untuk itu kami telah menyiapkan prodi-prodi yang mendukung dan mengarahkan pada energi. Tentu tidak semua, melainkan juga prodi yang mendukung seperti ilmu ilmu sosial," tambah Prof Akhmaloka.

Selain itu Universitas Pertamina juga telah banyak melakukan riset-riset yang dibutuhkan dunia industri, khususnya dengan PT. Pertamina dalam menemukan energi baru dan terbarukan.

Baca juga: Presiden Serukan Perguruan Tinggi Cepat Beradaptasi terhadap Perubahan

Terkait tantangan Presiden Joko Widodo agar pendidikan tinggi segera melakukan perubahan, Rektor menyampaikan, "Universitas Pertamina sudah mendapat hadiah dari Presiden karena memiliki prodi e-logistik. Ini merupakan hal baru dengan harapan menjadi sebuah jawaban bahwa universitas harus tanggap terhadap perubahan."

Adaptasi perubahan dunia dan pasar

Saat ini Universitas Pertamina tengah membangun universitas generasi ke-4 atau yang disebut dengan entrepreneural university di mana universitas harus mampu menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

"Dalam 4th generation university, universitas diharapkan tidak hanya menghasilkan lulusan namun juga start-up agar universitas dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X