Hari Guru Nasional dan 3 Ciri Guru Profesional Sambut Abad 21 - Kompas.com

Hari Guru Nasional dan 3 Ciri Guru Profesional Sambut Abad 21

Kompas.com - 25/11/2018, 17:32 WIB
Ilustrasi: Seorang guru mengajar di salah satu SD di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara beberapa waktu lalu.Kompas.com/Kontributor Nunukan, Sukoco Ilustrasi: Seorang guru mengajar di salah satu SD di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com - Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap pada tanggal 25 November. Pada tahun ini HGN mengangkat tema "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21".

Dalam pidato resmi menyambut HGN, Menteri Pendidikan dan Kebudayan ( Mendikbud) MUhadjir Effendy menjelaskan latar belakang tema "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21" tahun ini.

Kemendikbud melihat tantangan pendidikan abad 21 semakin berat sehingga membutuhkan peningkatan profesionalisme guru.

Mendikbud juga menyampaikan 3 ciri guru profesional yang harus dimiliki para guru dalam menghadapi tantangan abad 21:

1. Memenuhi kompetensi pendidik

Mendikbud menyampaikan, "Guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik." Ia menambahkan, perubahan zaman mendorong guru agar dapat mnghadirkan pembelajaran abad 21.

Baca juga: Promo Khusus Guru di Hari Guru Nasional 2018

Pembelajaran yang dibutuhkan di antaranya yakni menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi.

"Hal tersebut tidak dapat diwujudkan jika para guru berhenti belajar dan mengembangkan diri," tegas Muhadjir Effendy.

2. Memupuk jiwa korsa guru

Ciri lain guru profesional, lanjut Mendikbud, adalah mampu membangun kesejawatan. "Bersama rekan sejawat, guru terus belajar, mengembangkan diri dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman," ujarnya.

Guru diajak bersama rekan sejawat untuk terus merawat muruah dan menguatkan posisi profesinya. "Jiwa korsa guru harus senantiasa dipupuk agar dapat saling membantu dan mengontrol satu sama lain," kata Muhadjir.

3. Merawat jiwa sosial

Ciri guru profesional yang tidak kalah penting menurut Mendikbud adalah mampu merawat jiwa sosial.

"Para guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya, yang menjalankan peran , tugas dan tanggungjawab mulia sebagai penggilan jiwa. Dengan segala tantangan dan hambatan, para guru Indonesia berada di garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa," tegas Mendikbud.

Dalam kesempatan sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan Kemendikbud akan menggelar puncak peringatan hari guru nasional pada 1 Desember 2018 mendatang di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat dan rencananya akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo.



Close Ads X