Populer di Kompasiana: Dari Pertanyaan Aneh Wawancara Kerja hingga Alasan Melajang

Kompas.com - 25/11/2018, 17:43 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja
|

KOMPASIANA.com- Persiapan telah dirancang secara matang ketika ingin melakukan tes wawancara kerja seperti datang tepat waktu, tersenyum kepada pewawancara dan berjabatan tangan setelah meninggalkan ruangan.

Namun, ketakutan yang berlebihan dari pelamar ketika menghadapi wawancara kerja acapkali terlihat secara langsung oleh si pewawancara. Dan ini yang kadang tampak sulit diperkirakan bagaimana hasilnya.

Bahkan, kesan terakhir yang ditinggalkan ketika selesai wawancara cukup memengaruhi penilaian. Itulah yang sangat mungkin banyak orang gagal mendapatkan pekerjaan yang diinginkan hanya karena gagal dalam menghadapi wawancara kerja.

Lantas, bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat wawancara kerja?

Selain strategi lolos dari wawancara kerja, masih ada topik-topik menarik lainnya yang menarik di Kompasiana seperti kekecewaan atas gugurnya Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 hingga polemik Perda Syariah oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie.

Berikut 5 artikel utama pilihan di Kompasiana selama sepekan ini:

1. Cara Menjawab "Pertanyaan Aneh" pada Saat Wawancara Pekerjaan

Wawancara kerja biasanya sangat menegangkan, terutama jika Anda baru saja lulus dan melakukan ini untuk pertama kalinya. Hal ini menjadi penting karena mungkin pelamar yang memenuhi syarat dan sesuai dengan pengalaman, kejujuran dalam wawancara dapat membuahkan hasil.

Tetapi, bagaimana jika ketika wawancara kerja mendapat pertanyaan yang aneh-aneh? Apa yang mesti pelamar lakukan?

Yupiter Gulo mencontohkan sebuah pertanyaan dari buku "Human Resources Management" yang ditulis oleh Gary Dessler: berapa banyakkah potongan kaca gelas yang akan pecah bila dilempar?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X