ASB 2018: Mengembangkan Karakter dan Kompetensi Menuju Indonesia 4.0

Kompas.com - 14/12/2018, 07:07 WIB
Dalam rangka membina siswa SMA berprestasi menjadi generasi cerdas, kompetitif dan berkarakter, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Siswa Berprestasi (ASB) yang berlangsung 13-16 Desember 2018 di Jakarta. Dok. Direktorat PSMADalam rangka membina siswa SMA berprestasi menjadi generasi cerdas, kompetitif dan berkarakter, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Siswa Berprestasi (ASB) yang berlangsung 13-16 Desember 2018 di Jakarta.

KOMPAS.com - Dalam rangka membina siswa SMA berprestasi menjadi generasi cerdas, kompetitif dan berkarakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Siswa Berprestasi (ASB).

Kegiatan ASB ini berlangsung tanggal 13-16 Desember 2018 di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta dan diikuti 489 lebih siswa SMA dan SMK berprestasi nasional dan internasional di bidang sains, penelitian ilmiah, olahraga, seni budaya, bahasa, serta siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) berprestasi dari seluruh Indonesia.

Ajang pembinaan siswa berprestasi

"Acara ini menjadi kesempatan bagi siswa berprestasi untuk bersilahturahmi, saling bertukar pengalaman dan gagasan, menambah wawasan dan gagasan serta mempertajam nilai kebangsaan," jelas Direktur PSMA Purwadi Sutanto dalam pembukaan acara.

Ia menambahkan, kegiatan ASB 2018 ini tidak hanya diisi dengan pameran hasil karya dan penelitian siswa namun juga akan diiringi dengan serangkaian acara pembinaan dari para pakar dan praktisi.

Baca juga: Ketika Siswa SMA Melupakan Kenangan Mantan Menawan

"Selain pameran hasil karya dan penelitian siswa, acara juga akan diisi dengan ragam pembinaan seperti gerakan anti korupsi dari KPK, talk show inspiratif, pelatihan design thinking dan kolaboratif, serta peluncuran buku 300 hasil karya inovasi siswa," jelas Purwadi lebih lanjut.

Ia menambahkan, selain ASB pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan Rapat Kerja Nasional Pembinaan Kesiswaan SMA untuk melakukan koordinasi dan evaluasi serta menyusun program-program di masa mendatang.

"Para peserta rapat kerja ini diikuti 160 lebih peserta terdiri dari dinas pendidikan, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, guru BK dan BP serta guru PPKn dari seluruh provinsi," tambahnya.

Pengembangan karakter dan kompetensi

Dalam rangka membina siswa SMA berprestasi menjadi generasi cerdas, kompetitif dan berkarakter, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Siswa Berprestasi (ASB) yang berlangsung 13-16 Desember 2018 di Jakarta.Dok. Direktorat PSMA Dalam rangka membina siswa SMA berprestasi menjadi generasi cerdas, kompetitif dan berkarakter, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Siswa Berprestasi (ASB) yang berlangsung 13-16 Desember 2018 di Jakarta.

Saat membuka acara, Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyampaikan kebangaannya atas prestasi yang telah diraih para siswa baik di tingkat nasional dan internasional.

"Kalianlah nanti yang akan meneruskan estafet kepemimpinan dan akan memimpin negara ini. Kalian akan membawa Indonesia ini ke arah yang lebih baik di masa depan," tegasnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X