Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Edutech" Indonesia, Bahaso Raih Penghargaan di "Google Play Store"

Kompas.com - 17/12/2018, 12:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi karya anak bangsa, Bahaso kembali meraih penghargaan Google sebagai Best Self-Improvement Apps 2018 (29/11/2018). Penghargaan ini diberikan untuk kategori pengembangan diri.

Dalam kategori ini Google mengkategorikan aplikasi-aplikasi yang dapat memberikan implikasi terhadap pengembangan diri pengguna. 

Sekitar lebih dari 50 aplikasi masuk dalam kategori ini terpampang di laman Best Apps 2018 untuk kategori The Best Self-Improvement. Aplikasi Bahaso urutan ke-4 di laman depan setelah aplikasi Ultimate Guitar Chords & Tabs yang disusul 50 lebih aplikasi lain.

Pengharagaan Google

“Kami selalu cepat mengembangkan aplikasi Bahaso. Kami melakukan terobosan, pembenahan dan juga penyempurnaan. Kami tidak menunggu komplain pengguna, begitu tim teknisi menemukan hal-hal yang harus diperbaiki, kami dengan sigap dan cepat melakukan pembenahan,” ujar Darwin Chief Technical Officer Bahaso, menanggapi secara positif akan hal ini.

Baca juga: Tantangan Literasi Era Digital dan Peribahasa Kebo Nyusu Gudel

Allana Abdullah, Chief Executive Officer Bahaso, membenarkan hal itu. Menurutnya tidak hanya Industry 4.0 akan tetapi education 4.0 juga merupakan hal yang sudah dan telah menjadi bagian kehidupan masyarakat milenial dewasa ini.

“Tidak hanya kita hidup di industrinya saja akan tetapi proses dari pendidikan juga akan mengarah kearah sana. Education 4.0 sudah menjadi bagian dari hidup kita tanpa kita sadari. Bahaso dari awal berdirinya mempunyai visi dan misi untuk menyongsong perkembangan teknologi itu," ujar Allana.

Kemudahan belajar

Ia menambahkan, aplikasi Bahaso hadir untuk memberikan pemerataan dan memudahkan pendidikan terutama pembelajaran dari segi bahasa.

"Kini bahasa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan fleksibel untuk bisa dipelajari. Di mana saja, kapan saja dan yang paling utama terjangkau serta berkualitas," tambah Allana.

Untuk saat ini aplikasi Bahaso menyediakan layanan belajar Bahasa Inggris dan akan dikembangkan selanjutnya ke Bahasa Mandarin. 

Aplikasi digagas anak bangsa ini mempunyai semangat pemerataan pendidikan di Indonesia melalui kanal digital.

"Di saat era industri 4.0 saat ini, semua orang bisa mempunyai kesempatan sama  untuk mendapatkan pendidikan dengan bobot dan kualitas setara dengan masyarakat yang ada di kota," ujar Allana.

Kerjasama UI

Ia menjelaskan, Bahaso merupakan penyedia layanan belajar bahasa asing yang mempunyai sertifikasi apabila penggunanya telah mampu menyelesaikan level-level yang tersedia.

Bahaso bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam memberikan sertifikasi kemampuan peserta dalam pemahaman bahasa. Untuk sementara, Bahasa Inggris merupakan produk utama pada aplikasi yang mempunyai maskot binatang Panda ini.

Aplikasi Bahaso juga tengah mempersiapkan pengembangan yaitu Bahaso Talk. Pengembangan ini adalah pengembangan layanan belajar bahasa Inggris agar pengguna dapat melakukan percakapan dengan tutor .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com