Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Program Studi UNS Peroleh Akreditasi Internasional

Kompas.com - 02/01/2019, 17:32 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima program studi (prodi) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh akreditasi atau telah bersertifikasi internasional.

Empat prodi itu yaitu Prodi S1 Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prodi Teknik Mesin S1 Fakultas Teknik (FT), dan Prodi S1 Teknil Sipil FT memperoleh sertifikasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Sementara satu prodi lain yaitu Prodi S2 Magister Manajemen (MM) FEB memperoleh sertifikasi dari organisasi The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, A 21st Century Organization (ABEST21).

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS, Prof Muhammad Nizam mengatakan bahwa akreditasi internasional yang diperoleh prodi tersebut mendorong terciptanya kerja sama dengan prodi dari perguruan tinggi di luar negeri.

"Tak menutup kemungkinan ada kerja sama, baik itu penelitian maupun pertukaran mahasiswa," kata Muhammad Nizam dalam keterangan tertulis, Rabu (2/1/2019).

"Lalu lulusan prodi yang memiliki akreditasi internasional jika ingin melanjutkan studi lanjut ke luar negeri atau mungkin mendaftar di perusahaan asing, akan lebih mudah karena merupakan lulusan dari prodi yang sudah berstandar internasional," ujar dia.

Baca juga: Tiga Mahasiswa UNS Solo Inovasi Beton dari Limbah Kertas dan Batu Andesit

Saat ini, menurut Nizam, UNS mempunyai 174 prodi, yang terbagi dari diploma, sarjana, magister, dan doktor.

Dari total prodi tersebut, disebutkan 50 persen telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, kemudian 39 persen prodi terakreditasi B, dan sisanya adalah prodi baru yang masih proses akreditasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com