Kompas.com - 02/01/2019, 17:32 WIB
Universitas Sebelas Maret Surakarta Situs UNSUniversitas Sebelas Maret Surakarta
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Lima program studi (prodi) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh akreditasi atau telah bersertifikasi internasional.

Empat prodi itu yaitu Prodi S1 Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prodi Teknik Mesin S1 Fakultas Teknik (FT), dan Prodi S1 Teknil Sipil FT memperoleh sertifikasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Sementara satu prodi lain yaitu Prodi S2 Magister Manajemen (MM) FEB memperoleh sertifikasi dari organisasi The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, A 21st Century Organization (ABEST21).

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS, Prof Muhammad Nizam mengatakan bahwa akreditasi internasional yang diperoleh prodi tersebut mendorong terciptanya kerja sama dengan prodi dari perguruan tinggi di luar negeri.

"Tak menutup kemungkinan ada kerja sama, baik itu penelitian maupun pertukaran mahasiswa," kata Muhammad Nizam dalam keterangan tertulis, Rabu (2/1/2019).

"Lalu lulusan prodi yang memiliki akreditasi internasional jika ingin melanjutkan studi lanjut ke luar negeri atau mungkin mendaftar di perusahaan asing, akan lebih mudah karena merupakan lulusan dari prodi yang sudah berstandar internasional," ujar dia.

Baca juga: Tiga Mahasiswa UNS Solo Inovasi Beton dari Limbah Kertas dan Batu Andesit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, menurut Nizam, UNS mempunyai 174 prodi, yang terbagi dari diploma, sarjana, magister, dan doktor.

Dari total prodi tersebut, disebutkan 50 persen telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, kemudian 39 persen prodi terakreditasi B, dan sisanya adalah prodi baru yang masih proses akreditasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.