Kompas.com - 29/01/2019, 10:21 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyatakan bahwa proses verifikasi data oleh siswa baru yang merupakan syarat untuk mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), berakhir hari ini, Selasa (29/1/2019) pukul 10.00 WIB.

Adapun proses verifikasi data merupakan kelanjutan dari tahap pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan finalisasi data yang diberi tenggat waktu pada Minggu (27/1/2019) pukul 18.00 WIB.

Proses verifikasi data ini dilakukan mulai 27 Januari 2019 pukul 18.01 WIB sampai dengan 29 Januari 2019 pukul 10.00 WIB.

"Berbagai pertimbangan pengisian PDSS diperpanjang sampai tanggal 27 Januari dan verifikasi oleh siswa sampai tanggal 29 Januari jam 10.00 WIB," ujar Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Dr Ir Budi Prasetyo Widyobroto saat dihubungi Kompas.com pada Senin (28/1/2019).

"Semua proses di SNMPTN secara online dan sistem dikembangkan sudah berbagai pertimbangan," kata Budi.

Baca juga: PDSS Telah Ditutup, Siswa Diminta Lakukan Verifikasi SNMPTN Hari Ini

Selain itu, untuk informasi selengkapnya mengenai verifikasi data ini dapat dilihat di laman LTMPT, https://ltmpt.ac.id.

Perlu diketahui, tahapan verifikasi data wajib dipantau oleh siswa untuk memastikan apakah ada kekeliruan dalam memasukkan data nilai rapor (rekam jejak prestasi akademik) yang diisikan oleh kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah.

Sementara, jika tidak diverifikasi, data yang diisi pihak sekolah dianggap benar dan tidak bisa diubah sampai waktu verifikasi berakhir.

"Bagi yang merasa tidak perlu atau terlambat pengisian PDSS dan sudah ditutup, maka siswa diminta daftar jalur SBMPTN atau mandiri," ujar Budi.

Kemudian, setelah proses verifikasi data telah selesai, siswa SMA/SMK/MA ini nantinya bisa melakukan pendaftaran SNMPTN pada 4-14 Februari 2019.

Selain itu, untuk pengumuman hasil seleksi SNMPTN akan diumumkan pada 23 Maret 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.