Wisuda 3.950 Lulusan di Dies Natalis UI ke-69

Kompas.com - 06/02/2019, 17:18 WIB
UI menggelar upacara wisuda bagi 3.950 wisudawan dari program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 (2/2/2019).Dok. UI UI menggelar upacara wisuda bagi 3.950 wisudawan dari program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 (2/2/2019).

 

KOMPAS.com - Universitas Indonesia menggelar upacara wisuda bagi 3.950 wisudawan dari program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019.

Terdapat 881 wisudawan berhasil lulus dengan predikat cum laude.

 Acara wisuda bertepatan dengan peringatan Dies Natalis UI ke-69 dan diadakan pada hari Sabtu (2/2/2019) di Balairung UI Depok, Jawa Barat.  Wisuda diisi orasi Ilmiah dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof.Bambang Brodjonegoro berjudul “Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia.

Universitas berstandar internasional

Rektor UI Prof. Muhammad Anis yang memimpin upacara Wisuda dan Dies Natalis menyampaikan, “Sejak 69 tahun lalu menyandang nama Indonesia, UI senantiasa berkiprah membangun pendidikan tinggi di Indonesia."

Baca juga: 5 Inovasi Pendidikan Tinggi untuk Hasilkan Lulusan di Industri 4.0

"UI terus melanjutkan warisan sejarah akademiknya dalam bentuk inovasi dalam penemuan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengajaran berstandar internasional hingga diakui saat ini sebagai universitas peringkat ke-57 di Asia dan terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan QS World Ranking University," ujar Prof. Anis dikutip dari laman resmi UI.

Bahkan, ia menambahkan, UI berhasil meraih posisi ke-82 perguruan tinggi terbaik negara berkembang di dunia menurut Times Higher Education.

Wisudawan pascasarjana

Pada prosesi upacara wisuda program pascasarjana diikuti 1.979 wisudawan terdiri atas 247 wisudawan Program Profesi, 326 wisudawan Program Spesialis, 1.279 wisudawan Program Magister dan 127 wisudawan Program Doktor.

Sebanyak 118 wisudawan Program Profesi mendapatkan predikat cum laude, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,84 yang diraih Natasha Dwinanda Septiana Raswita dari Fakultas Farmasi.

Pada Program Spesialis, 55 wisudawan meraih predikat cum laude dengan IPK tertinggi diraih Hilna Khairunisa Shalihat, wisudawan Fakultas Kedokteran program studi Spesialis Ilmu Gizi Klinik dengan IPK 3,96.

Sedangkan 247 wisudawan Program Magister meraih predikat cum laude di mana IPK tertinggi diraih Dwi Febriantini dan Ahmad Husein Alkaff dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (program studi Ilmu Kimia) dengan IPK 3,99.

Menjalankan Tri Dharma 

Pada jenjang Doktoral, UI menghasilkan 127 Doktor dari 11 Fakultas dan 1 Sekolah Ilmu Lingkungan UI dimana Fakultas Kedokteran merupakan fakultas penghasil Doktor terbanyak yaitu sebanyak 29 wisudawan.

Terdapat 16 wisudawan Program Doktor mendapatkan predikat cum laude di mana terdapat empat Doktor yang meraih IPK sempurna yaitu Dwi Ariawan dan Vera Julia dari Fakultas kedokteran Gigi serta Lukman Rosyidi dan Lessy Sutiyono Aji dari Fakultas Teknik.

Diharapkan para lulusan Pascasarjana UI dapat menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945, serta berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan bangsa dan global, karena UI hadir berkarya untuk bangsa dan dunia.




Close Ads X