Kompas.com - 19/03/2019, 22:50 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.comKurikulum sekolah yang terus berkembang tak jarang membuat orangtua terkendala dalam membimbing anak belajar di rumah.

Tidak sedikit pula orangtua merasa kesulitan menyampaikan materi pelajaran agar mudah dipahami anak saat menemani mereka belajar.

”Pelajaran sekarang susah. Tak seperti zaman saya sekolah dulu.” Hal tersebut sering muncul sebagai kendala dalam mendampingi anak belajar. Saat orangtua merasa kurang mampu membantu anak kita dalam belajar di rumah, maka tak ada salahnya mengajak anak  ikut bimbingan belajar.

Saat orangtua telah memutuskan untuk mencari bimbel yang tepat untuk anak, hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih bimbel?

Baca juga: Kapan Sebaiknya Anak Ikut Bimbel? Ini 3 Tandanya

Dikutip dari laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, ketika akan mendaftarkan anak mengikuti bimbingan belajar, ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan orangtua:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pilih sesuai karakter anak

Jika anak cenderung diam dan pemalu, maka alangkah baiknya memilih bimbingan private agar nyaman dalam belajar. Jangan memaksa ikut dalam bimbel dengan peserta lebih banyak. Ini dapat membuat bimbel tidak maksimal karena anak tidak berani bertanya padahal belum memahami materi diajarkan.

2. Kualitas pengajar

Saat akan mendaftarkan anak, orangtua dapat menanyakan apakah pengajar setiap mata pelajaran memiliki latar pendidikan sesuai. Misalny,a tutor matematika memang lulusan pendidikan matematika, bukan yang lain. Kesesuaian ini bisa menjadi salah satu ukuran kualitas lembaga bimbel. 

3. Layanan dan fasilitas

Begitu banyak bimbel memberi tawaran menarik mulai dari promo biaya, testimoni alumni, hingga bonus bagi siswa berprestasi di sekolah. Namun hal itu belum cukup untuk dijadikan indikator.

Orangtua  perlu mencari tahu fasilitas yang diberikan bimbel, misal ekstra tambahan jam menjelang UTS maupun UAS, bisa belajar setiap waktu senggangnya, dan pertimbangan lainnya.

4. Keuangan orangtua

Hal yang tak kalah penting memilih bimbel adalah menyesuaikan kondisi keuangan orangtua. Memasukkan anak ke bimbel terbaik dengan fasilitas modern namun biaya tidak terjangkau justru akan menjadi bumerang.

Jangan sampai hal ini membuat kebutuhan anak lainnya menjadi terabaikan. Jika anak hanya kesulitan di satu mata pelajaran saja, maka kita bisa memilih alternatif bimbel dengan biaya yang lebih terjangkau.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.