Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Inovasi Energi, ITS Jadi Tuan Rumah "Think Efficiency 2019"

Kompas.com - 20/03/2019, 23:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kini perhatian dunia kepada isu-isu mengenai energi untuk keberlanjutan kehidupan manusia sedang gencar digalakkan.

Untuk mendorong ide-ide baru mengenai energi dari kalangan mahasiswa, PT Shell Indonesia bekerja sama dengan Energy Academy Indonesia (Ecadin) menghelat "Expert Connect Campus Roadshow Series 2019", di Gedung Pascasarjana ITS, Surabaya (16/3/2019).

Isu energi bukanlah isu yang bisa diselesaikan dari satu belah pihak saja. Perlu kerjasama antarpihak yaitu dari masyarakat, pendidikan, dan juga pelaku industri. Di sisi pendidikan selain dosen, mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan dengan terobosan-terobosannya.

Melalui Expert Connect Campus Roadshow, diharapkan bibit-bibit unggul dapat ditemukan dan didorong menjadi karya yang bisa bermanfaat di bidang energi.

Baca juga: Menristekdikti: PMMB Link and Match Pendidikan Tinggi dan Industri

Expert Connect Campus Roadshow Series 2019 ialah talkshow yang membicarakan isu energi yang diadakan di empat kampus Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan yang terakhir adalah ITS.

Talkshow ini merupakan pembukaan dari serangkaian acara "Think Efficiency 2019" yang diadakan PT Shell Indonesia bersama Ecadin.

"Think Efficiency 2019" sendiri adalah kompetisi inovasi energi dan tribologi (ilmu yang mempelajari gesekan, aus dan pelumasan, red). Acara ini bertujuan mendorong hadirnya inovasi-inovasi di bidang energi dan tribologi dari seluruh negeri.

Ide-ide inovasi ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung terhadap efisiensi, ekonomi, sekaligus menginspirasi banyak anak muda Indonesia lainnya.

“Ini merupakan forum yang sangat pas untuk mempertemukan berbagai pihak yang terlibat dalam isu energi sehingga mampu tercipta sebuah sinergi. Terlebih pembicara merupakan ahli dibidangnya, dan memiliki pengalaman di luar negeri sehingga mampu memberikan perspektif yang berbeda,” ucap Dhany Arifianto Kepala Subdirektorat Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan ITS yang menjadi moderator dalam talkshow ini.

Catatan redaksi: Artikel ini telah mengalami perubahan judul. Sebelumnya, judul tertulis Dorong Inovasi Energi, ITS dan Shell Gelar "Think Efficiency 2019" menjadi "Dorong Inovasi Energi, ITS Jadi Tuan Rumah "Think Efficiency 2019"". Mohon maaf atas kekeliruan penulisan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com