Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT 45 Gramedia Pustaka Utama: Sinyal Positif Industri Buku

Kompas.com - 25/03/2019, 20:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) merayakan ulang tahun ke-45 pada hari ini, 25 Maret 2019.

Tahun ini, peringatan ulang tahun GPU ditandai dengan peluncuran buku kumpulan cerita pendek (cerpen) "Semesta Cerita Kita" di mana seluruh cerita di dalamnya ditulis tim redaksi GPU.

“Ada dua belas editor ikut berpartisipasi menyumbangkan tulisan dalam buku Semesta Cerita Kita," ujar Siti Gretiani General Manager GPU.

Ia menambahkan, "Cerita-cerita di dalamnya tentu akan menarik untuk disimak, terutama karena dalam kesehariannya mereka berdedikasi sebagai penyunting buku, pastinya akan ada keseruan yang berbeda ketika mereka berperan sebagai penulis.” 

“Semesta Cerita Kita juga menjadi landasan tema pada seluruh kegiatan ulang tahun ke-45 Gramedia Pustaka Utama tahun ini," tambahnya.

Program HUT GPU

Lebih jauh Gretiani menjelaskan, "Dengan mengambil tema ini, kami ingin terus optimistis untuk menghimpun berbagai cerita dan meneruskannya kembali kepada masyarakat lewat buku, agar cerita-cerita yang kami sampaikan selalu menjadi pemantik cerita-cerita baru yang punya dampak positif di masyarakat."

Baca juga: Tantangan Literasi Era Digital dan Peribahasa Kebo Nyusu Gudel

Selain peluncuran buku, program HUT Gramedia Pustaka Utama tahun ini juga beragam. Diawali program CSR donor darah di 11 Toko Gramedia di 11 kota yang sudah berhasil diselenggarakan pada hari Minggu (10/3/2019) lalu, hingga berbagai program belanja buku.

Salah satu program belanja buku yang masih berlangsung saat ini adalah promo diskon Rp 45.000 setiap pembelanjaan Rp 145.000 di seluruh toko Gramedia di Indonesia. Program ini akan berakhir pada 31 Maret mendatang.

Sinyal positif industri buku 

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) merayakan ulang tahun ke-45 pada hari ini, 25 Maret 2019.Dok. GPU Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) merayakan ulang tahun ke-45 pada hari ini, 25 Maret 2019.

“Promo ulang tahun GPU selalu ditunggu oleh para pencinta buku. Sejak diumumkan Sabtu pekan lalu, program ini telah mendapat sambutan meriah dari para pembaca di sosial media. Semoga ini menjadi sinyal positif bagi industri buku di tanah air, bahwa masyarakat masih terus setia membaca buku,” tutur Greti.

 Sejak didirikan pada tahun 1974, Gramedia Pustaka Utama telah menjadi salah satu penerbit terkemuka di Indonesia; rumah bagi banyak buku dan penulis pemenang penghargaan selama 44 tahun.

Dengan fokus terbitan pada buku-buku fiksi, nonfiksi, buku anak, dan buku masak, jumlah buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama telah mencapai lebih dari 1.500 judul per tahun, dan banyak di antaranya berhasil menjadi bestseller serta menerima penghargaan nasional dan internasional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com