"UMKM Naik Kelas", Ini Cara Vokasi UI Perkuat UMKM

Kompas.com - 09/04/2019, 15:37 WIB
Pengabdian Masyarakat Vokasi UI lewat program UMKM Naik Kelas telah berlangsung sejak Februari hingga Mei 2019 dengan total 40 UMKM binaan. Dok. Vokasi UIPengabdian Masyarakat Vokasi UI lewat program UMKM Naik Kelas telah berlangsung sejak Februari hingga Mei 2019 dengan total 40 UMKM binaan.

KOMPAS.com - Sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia ( UI) melalui Program Studi Akuntansi melaksanakan Pengabdian Masyarakat dengan membantu lebih dari 20 Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) di wilayah kota Depok.

Program “UMKM Naik Kelas” dijalankan para mahasiswa Akuntansi Vokasi UI melalui sejumlah aktivitas dan pembelajaran guna mendukung pencatatan keuangan ke tingkat pengelolaan yang lebih profesional.

Pengabdian Masyarakat ini melibatkan mahasiswa semester empat didampingi dosen dan pelaku UMKM itu sendiri sendiri.

Dari laporan keuangan hingga evaluasi proses

Program "UMKM Naik Kelas" membantu para pengusaha UMKM menghasilkan Laporan Keuangan, Laporan Perpajakan, Laporan Harga Pokok Penjualan dan Anggaran, Evaluasi Proses Bisnis dan membangun database sederhana untuk UMKM.

Baca juga: UI Peringkat 80 Dunia Universitas Berdampak Sosial dan Ekonomi

 

Program ini dilaksanakan setiap semester sejak tahun 2018 sebagai bagian dari kurikulum yaitu sebanyak 15 SKS untuk berbagai jenis UMKM mulai dari usaha makanan, kerajinan maupun jasa.

Kepala Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI Andhita Yukihana Rahmayanti, melalui rilis resmi UI menuturkan, “Kami menjalin kerja sama dengan Komunitas Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) dalam memilah industri yang akan dibina pada semester ini."

Selain itu, pihak Vokasi UI juga bermitra dengan KPP Pratama Depok Sawangan untuk menyukseskan program "Business Development Service" yang telah diluncurkan 11 Februari 2019 lalu.

Waktu tunggu kurang dari satu bulan

"Pengabdian Masyarakat tahun 2019 telah berlangsung sejak Februari hingga Mei 2019. Jika ditotal dengan tahun lalu, maka sudah 40 UMKM kita bina," jelas Yuki lebih lanjut.

Yuki menambahkan program ini diharapkan membantu UMKM lebih profesional dalam pengelolaan serta menjadi praktek nyata bagi mahasiswa di dalam proses pencatatan keuangan UMKM.

Program Pendidikan Vokasi UI berkomitmen menyiapkan lulusan sesuai kebutuhan industri sehingga sejak kuliah telah dilibatkan dalam perkerjaan-pekerjaan nyata.

Berdasarkan survei program studi Akuntansi Vokasi UI memiliki masa tunggu lulusan yang kurang dari satu bulan. Itu artinya, belum satu bulan lulusan Akuntansi Vokasi UI telah memperoleh pekerjaan.

Selain pengalaman diperoleh selama masa kuliah, mahasiswa juga dibekali sertifikasi profesi level nasional seperti dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun sertifikasi internasional dibidang akuntansi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X