Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangga, UI Sejajar Harvard & Standford di Kompetisi Programming Dunia!

Kompas.com - 10/04/2019, 09:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah hiruk-pikuk berita jelang Pemilu, kabar membanggakan datang dari Universitas Indonesia (UI) yang membuktikan mahasiswa Indonesia kini sejajar dengan mahasiswa internasional dari Harvard maupun Stanford dalam bidang pemrograman.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menorehkan prestasi membanggakan dalam ajang kompetisi pemrograman bergengsi dunia "Association for Computing Machinery International Collegiate Programming Contest" (ACM ICPC) 2019.

Sejajar Harvard dan Stanford

Delegasi Indonesia dari UI diwakili oleh Muhammad Ayas Dzulfikar (Ilmu Komputer, 2015), Degoldie Sonny (Ilmu Komputer, 2016), dan Inigo Ramli (Ilmu Komputer, 2018) serta didampingi Denny  selaku dosen pembimbing.

Ketiga mahasiswa UI ini berhasil menduduki peringkat ke-21 (compressed rank by number of problem solved) bersama dengan Harvard University, Stanford University, dan 17 perguruan tinggi lainnya di dunia.

Baca juga: UI Peringkat 80 Dunia Universitas Berdampak Sosial dan Ekonomi

 

Ajang final ACM ICPC 2019 sendiri telah berlangsung pada 31 Maret – 5 April 2019 di Porto, Portugal. ACM ICPC merupakan kompetisi pemrograman komputer yang diikuti oleh universitas-universitas di dunia.

Kompetisi komputasi dan algotrima

Tiga mahasiswa UI berhasil menduduki peringkat ke-21 bersama dengan Harvard University, Stanford University, dan 17 perguruan tinggi lainnya di dunia di ajang final ACM ICPC 2019 yang berlangsung 31 Maret ? 5 April 2019 di Porto, Portugal.Dok. UI Tiga mahasiswa UI berhasil menduduki peringkat ke-21 bersama dengan Harvard University, Stanford University, dan 17 perguruan tinggi lainnya di dunia di ajang final ACM ICPC 2019 yang berlangsung 31 Maret ? 5 April 2019 di Porto, Portugal.

 

Masing-masing tim terdiri dari tiga mahasiswa berusaha menyelesaikan masalah-masalah komputasi dan algoritma yang harus diselesaikan dalam waktu telah ditetapkan lima jam non-stop.

Ketiga mahasiswa UI tersebut berhasil menyelesaikan permasalahan pemrograman diberikan dan berhasil meraih perolehan skor 815 poin berdasarkan catatan scoreboard ICPC World Finals.

Para mahasiswa UI ini berhasil melanjutkan perjuangan ke tingkat dunia setelah sebelumnya memenangkan seleksi regional kawasan Asia Pasifik.

Pada ajang final tingkat dunia, terdapat 135 tim dari berbagai negara ikut bertanding. Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan persiapan yang matang dan konsisten yang dilakukan oleh para mahasiswa UI tersebut.

Indonesia di kancah internasional

 

Diharapkan upaya ini semakin meningkatkan nama baik UI khususnya dan Indonesia di kancah internasional serta semakin menambah deretan prestasi anak bangsa di dunia internasional.

Rifelly Dewi Astuti, Kepala Humas dan KIP UI kepada Kompas.com menyampaikan, "Prestasi ini tentu membanggakan bukan saja bagi UI namun bagi Indonesia. Mahasiswa UI yang mewakili Indonesia mampu bersaing di kancah internasional dengan perguruan tinggi terkemuka dunia."

"Semoga prestasi ini memacu berbagai prestasi lain dari perguruan tinggi di Indonesia, agar pendidikan tinggi kita lebih diakui di kancah dunia," tutup Rifelly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com