Peran Guru BK dalam Pemilihan Jurusan Siswa

Kompas.com - 27/04/2019, 23:51 WIB
Quipper Campus (24/4/2019) menggelar wokshop khusus bagi guru Bimbingan Konseling di Jabodetabek untuk membantu para siswa memilih jurusan tepat sesuai minat dan bakat. Dok. QuipperQuipper Campus (24/4/2019) menggelar wokshop khusus bagi guru Bimbingan Konseling di Jabodetabek untuk membantu para siswa memilih jurusan tepat sesuai minat dan bakat.

KOMPAS.com - Pemerintah telah menitikberatkan pendidikan karakter agar dapat membentuk mental tangguh dan moral baik bagi siswa.

Terhubung dengan hal itu, peran guru Bimbingan Konseling (BK) menjadi sangat penting. Sebagai guru yang bertugas membimbing dan mengarahkan minat dan bakat siswa, guru BK diharapkan dapat mengobservasi tingkah laku siswa sehingga dapat memahami minat dan bakat siswa.

Dari situ guru BK diharapkan dapat memberikan arahan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi sesuai minat dan bakatnya. Namun, apakah hanya demikian tugas guru BK?

Menyiapkan soft skill

Dalam workshop diadakan Quipper Campus (24/4/2019), salah satu psikolog narasumber Achsinfina H Sinta menjelaskan soft skill merupakan hal penting yang wajib dimiliki siswa didik dalam 20-50 tahun mendatang.

Baca juga: Peran Penting Guru BK di Era Industri 4.0

 

Dalam pemaparannya ia mengatakan, “Selama ini di sekolah siswa hanya mendapat pengetahuan hard skill. Tapi apakah kita pernah bertanya kepada mereka, ‘bagaimana perasaanmu hari ini?’, ‘apa yang kamu harapkan dari pelajaran ini?"

Menurutnya, soft skill  sangat penting menghadapi dunia yang bersifat dinamis. Anak harus memiliki kemampuan 4C (Communication, Collaborations, Critical Thinking dan Creativity) agar mampu menghadapi tantangan di masa mendatang.

Minat bakat pemilihan jurusan

Dalam pemaparannya, Shinta juga mengangkat permasalahan campur tangan orang tua terhadap jurusan anak yang tidak sesuai dengan keinginan anak.

Sinta menyatakan penjelasan komprehensif dari guru BK sangat penting agar orangtua mampu memahami bahwa keinginan anak sangat penting untuk didengar, sehingga ke depan tidak ada lagi cerita lulusan pertanian bekerja di bank.

Hal senada disampaikan, Russel Siregar, Product Manager Quipper Campus menyampaikan, “Saya setuju hal yang disampaikan Ibu Sinta. Dari situ kami memiliki ide untuk mengembangkan tes minat bakat untuk memberikan referensi jenjang karier sesuai dengan passion siswa."

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X