Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Ramadhan, Waktu Belajar Dikurangi 10 Menit Setiap "Mapel"

Kompas.com - 06/05/2019, 19:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Alokasi waktu pembelajaran untuk setiap jam mata pelajaran (mapel) selama bulan Ramadhan dikurangi paling banyak 10 menit.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono melalui Surat Edaran Resmi Dinas Pendidikan DKI Jakarta No. 41/SE/2019 tentang Kegiatan Belajar Mengajar Selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 1440 H/2019 M.

Kadisdik DKI Jakarta melalui surat edaran juga memberikan beberapa pengaturan terkait pembelajaran selama Bulan Suci, antara lain:

1. Libur awal Bulan Suci Ramadhan 1440H berlangsung selama 3 hari, 1 (satu) hari sebelum puasa dan 2 (dua) hari pada awal puasa, dimulai dari tanggal 5-7 Mei 2019.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Harus Diikuti dengan Inovasi Pembelajaran

2. Sekolah yang menyelenggarakan KBM (kegiatan belajar mengajar pagi dimulai pukul 06.30 untuk semua jenjang dan sekolah yang menyelenggarakan KBM petang untuk SD mulai pukul 11.00 WIB dan jenjang SMP mulai pukul 11.30 WIB.

3. Alokasi waktu setiap jam pelajaran selama Bulan Suci Ramadhan dikurangi paling banyak 10 menit.

4. Ketuntasan materi ajar yang telah ditetapkan pada kurikulum sekolah tetap menjadi perhatian dan tanggung jawab Kepala Sekolah.

5. Sekolah diminta menciptakan suasana khidmat sehingga dapat memberikan kesempatan   kepada siswa dalam menjalankan ibadah puasa dengan baik.

6. Pihak sekolah juga diimbau agar meniadakan kegiatan fisik yang dapat memberatkan siswa yang sedang menjalankan ibadah puasa.

7. Sekolah diminta menyusun rangkaian program kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT seperti sholat berjamaah, pesantren kilat, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com