Kompas.com - 18/05/2019, 18:22 WIB
Vokasi Universitas Indonesia (UI) memberdayakan 33 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam program VokHumFest 2019 (Vokasi Humas Festival) yang digelar pada 17 Mei 2019 dan merupakan bagian dari program Pengabdian Masyakat (Pengmas) Vokasi UI. Dok. Vokasi UIVokasi Universitas Indonesia (UI) memberdayakan 33 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam program VokHumFest 2019 (Vokasi Humas Festival) yang digelar pada 17 Mei 2019 dan merupakan bagian dari program Pengabdian Masyakat (Pengmas) Vokasi UI.

KOMPAS.com - Vokasi Universitas Indonesia (UI) memberdayakan 33 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam program "VokHumFest 2019" (Vokasi Humas Festival) yang digelar pada 17 Mei 2019 dan merupakan bagian dari program Pengabdian Masyakat (Pengmas) Vokasi UI.

Program ini bertujuan membantu UMKM dalam branding dan promosi produk dan layanannya serta berfokus pada pemberdayaan 33 UMKM bidang produk, jasa, teknologi, dan lembaga penyiaran lokal/komunitas se-Jabodetabek dengan pembuatan program Komunikasi Pemasaran Terpadu. 

Acara "VokHumFest" diselenggarakan di Boulevard Kampus Universitas Indonesia, Depok, ini merupakan kolaborasi dosen, asisten praktik, dan mahasiswa Humas, Periklanan, serta Penyiaran Vokasi UI angkatan 2018.

Pemberdayaan 33 UMKM

Berbeda dari sebelumnya, VOKHUMFEST diselenggarakan di sore hingga malam hari dengan tema "Ramadhan Kareem".

Hardika Widi Satria Ketua Pengmas mengatakan acara ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dalam bentuk bazaar marketing event berkolaborasi dengan mata kuliah Integrated Marketing Communication (IMC) bagi mahasiswa Humas, Periklanan dan Penyiaran Vokasi UI angkatan 2019.

Baca juga: ITB Gelar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Citarum Expo

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Tahun ini kami membina 23 UMKM dari pengusana produk dan jasa serta 10 UMKM bidang penyiaran yaitu TV Lokal/Komunitas dan Youtube Channel," ujar Hardika.

Hardika menyampaikan mahasiswa dan dosen terlibat aktif dalam menyusun program branding dan promosi menggunakan ilmu IMC yang telah dipelajari dikelas.

"Mahasiswa dibawah bimbingan dosen telah merancang hingga memproduksi kebutuhan branding dan promosi UMKM. Mereka membuatkan logo, aktivasi media sosial, desain kemasan hingga program sales promo agar UMKM dapat lebih dikenal dan mudah dalam mempromosikan produk/layanannya," tambah Hardika.

Hardika menambahkan proses kegiatan VokHumFest ini telah berjalan selama 3 bulan dan acara bazaar menjadi kegiatan puncaknya.

Dorong UMKM mandiri 

Tararin mahasiswa Humas 2018 menjelaskan program yang dibuat merupakan program "IMC low cost high impact" seperti sales promotion, personal selling, public relations, advertising, experiential marketing. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.