Gagal Masuk SBMPTN? Jangan Galau, Ikuti 5 Tips Memilih PTS Terbaik

Kompas.com - 04/06/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com – Terbatasnya kapasitas dan tingginya persaingan masuk PTN yang begitu ketat membuat calon mahasiswa perlu memikirkan alternatif lain dalam melanjutkan studi ke pendidikan tinggi.

Perguruan tinggi swasta ( PTS) dalam negeri dapat menjadi pilihan yang bisa ditempuh. Jangan salah, banyak PTS menyediakan jurusan berkualitas tidak kalah dari PTN.

Dengan strategi yang tepat, calon mahasiswa dapat memperoleh jurusan di PTS yang menjanjikan, baik dari segi mutu pendidikan maupun prospek di dunia kerja ke depan. Berikut beberapa tipsnya:

1. Akreditasi 

Akreditasi merupakan standar ditentukan pemerintah untuk menunjukkan kualitas perguruan tinggi. Ada tiga tingkat akreditasi umum diketahui, yaitu terdiri dari akreditasi A (sangat baik), akreditasi B (baik), dan akreditasi C (cukup).

Baca juga: 5 Program Studi Favorit Tahun Ini Bidang Saintek

Calon mahasiswa bisa melihat peringkat akreditasi suatu kampus di laman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hati-hati dalam memilih dan mendaftar perguruan tinggi sebab, setiap jurusan memiliki akreditasi berbeda-beda. Jadi ada baiknya memastikan akreditasi jurusan yang dipilih juga bagus karena hal itu turut memengaruhi kemudahan dalam mencari pekerjaan.

Pengetahuan masyarakat umum terhadap citra dan kualitas lulusan dari jurusan tersebut juga akan membuat tingkat akreditasinya semakin tinggi.

2. Peringkat

Kualitas mumpuni dari suatu PTS akan menentukan tingginya peringkat dari kampus tersebut. Namun, banyak orangtidak begitu peduli terhadap peringkat kampus karena dianggap tidak penting. 

Calon mahasiswa yang benar-benar ingin mengetahui bisa mencari tahu melalui laman resmi berbagai lembaga, misalnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Webometrics.

Di sana akan terlihat posisi kampus tersebut baik secara nasional ataupun internasional sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih.

3. Biaya kuliah

Pemahaman bahwa tingginya biaya kuliah disebabkan tingginya kualitas pembelajaran tidak sepenuhnya benar. Demikian pula anggapan PTS lebih mahal dari pada PTS.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X