Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar ITB: Ini Tips Lewati Lebaran Tanpa Takut Gemuk

Kompas.com - 08/06/2019, 21:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Prof. I Ketut Adnyana, Guru Besar Keahlian Farmakologi-Farmasi Klinik, Sekolah Farmasi ITB menyampaikan saat Ramadhan puasa dapat memperbaiki pola metabolisme tubuh.

Ini berarti proses pengolahan makanan menjadi energi di dalam tubuh akan menjadi cepat. Sehingga energi tubuh bisa dialokasikan untuk kegiatan lainn selain mengolah makanan.

Namun, perubahan metabolisme juga bisa menjadi malapateka jika tidak dimanfaatkan dengan benar.

"Metabolisme yang efisien membuat kita merasa bahwa kita terus ‘sanggup’ untuk makan, efeknya kita jadi makan terus walau sadar sebenarnya tidak sedang mengalami lapar," ujar Prof. I Ketut Adnyana seperti diwartakan laman resmi ITB.

Karena hal di atas, orang yang menjalankan puasa ataupun pola diet lainnya malah bisa menjadi lebih berat bobotnya ketika kembali ke pola makan normal.

Waspada efek "diet yoyo"

"Kan kalau puasa di bulan Ramadan, selesainya langsung disuguhi sama makanan-makanan saat Lebaran, jadi orang bisa kalap dan akhirnya makan-makanan yang berlebihan secara tidak sadar, ini yang biasa disebut dengan fenomena diet yoyo," jelas Prof. I Ketut.

Baca juga: Anak Dapat THR Lebaran? Ajarkan 5 Hal Ini

"Kenapa kita bisa mau makan tapi tidak dalam keadaan lapar? Pada dasarnya, lapar manusia bisa dibagi dua, ada lapar fisiologis dan lapar psikologis.

Yang fisiologis itu otomatis dari tubuh, kalau memang energi kita kurang, maka tubuh akan 'meminta' makan. Kalau lapar psikologis, itu keinginan kita tanpa memperdulikan rasa lapar," tambahnya.

Oleh karena itu, sebenarnya puasa sangat ampuh untuk belajar menghilangkan lapar psikologis.

"Kalau yang lapar fisiologis, kita tak perlu takut, tubuh kita sudah otomatis mengaturnya, soal adaptasi tubuh dari tidak puasa menjadi puasa paling hanya butuh 3-4 hari," tambah pria yang menyelesaikan gelar doktornya di Jepang.

Pola makan setelah Lebaran

Selain menahan diri ketika menikmati momen Lebaran, Prof. I Ketut juga memberikan beberapa tips untuk menjaga pola makanan saat lebaran. "Ada dua hal yang saya rasa penting untuk dijaga, bahan makanan dan cara memasaknya," ungkapnya.

Bahan makanan disarankan adalah bahan makanan berserat, seperti sayur dan buah. Kedua makanan berserat tersebut bisa membantu mengenyangkan juga mudah diolah oleh tubuh.

"Cara masak, termasuk sajiannya juga penting loh ya, balik lagi, psikologis itu penting, jadi kita harus bisa membuat makanan sehat terlihat enak, " ujar dosen ITB kelahiran Bali ini.

Soal gizi tubuh, ia berkata tiap orang harusnya bisa mengenal diri sendiri sehingga tidak perlu ada konsumsi obat-obatan khusus. "Ini bergantung usia dan aktivitas juga, tua atau muda, baik sibuk atau tidak, itu pasti beda-beda kebutuhan gizinya," ucapnya.

Kalau memang perlu adanya vitamin khusus, tubuh pasti akan memberi tanda, setelah itu baru kita bisa memilih obat spesifik untuk kebutuhan kita.

Di luar hal-hal tambahan, Prof. I Ketut mengatakan bahwa memang tiap manusia perlu gizi dasar seperti protein, karbohidrat, lemak, dan mineral lainnya, namun itu semua sudah cukup dan bisa didapatkan dari makanan sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com