Pascapemilu, Himpuni Desak Pemerintah Kembali Fokus Penguatan SDM

Kompas.com - 15/06/2019, 10:47 WIB
Presidium III Himpuni dalam Konferensi Pers Himpuni di Jakarta, Jumat (14/6/2019).Dok. Kompas.com Presidium III Himpuni dalam Konferensi Pers Himpuni di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

KOMPAS.com - Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) mendesak pemeritah pascapemilu ini kembali fokus pada pembangunan sumber daya manusia ( SDM) unggul. 

Hal ini disampaikan Maryono Ketua Presidium III Himpuni dalam konferensi pers Himpuni di Jakarta, Jumat (14/6/2019). Himpuni juga mengapresiasi seluruh komponen masyarakat yang telah terlibat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum pada 17 April lalu.

"Himpuni berharap agar seluruh entitas di negeri ini dapat bersatu padu untuk menciptakan kondisi yang stabil di berbagai bidang di seluruh Indonesia. Kami berharap segenap komponen bangsa segera melakukan konsolidasi dan menciptakan kondisi yang kondusif,” ujarnya Maryono.

Kekuatan intelektual bebas nilai

Pada kesempatan sama, Sirra Prayana Ketua IKA Unram (Ikatan Keluarga Alumni Universitas Mataram) menyampaikan meski ada perbedaan pilihan saat pemilu, sebagai kalangan intelektual Himpuni menyikapi hal tersebut sebagai hal yang wajar dan biasa.

Baca juga: Alumni LPDP Ajak Siswa Berani Bermimpi Besar dan Menjaga Lingkungan

"Perbedaan itu hal yang biasa dan wajar, jadi tidak ada ketegangan antar ikatan alumni. Himpuni lahir sebagai sebuah proses anak bangsa yang ingin memberikan kontribusi sehingga sebagai kekuatan intelektual kami cenderung bebas nilai. Kami tetap saling menghargai," tegasnya.

Ketua Presidium III Himpuni Maryono yang juga menjabar Ketua IKA Undip (Ikatan Alumni Universitas Diponegoro) menyatakan pihaknya akan mendukung pemerintahan baru dari hasil pemilu lalu.

“Kami berharap pemerintahan yang akan datang dapat lebih meningkatkan pengelolaan pemerintahan yang lebih efektif, efisien, manusiawi, dan kinerja yang lebih meningkat.”

Fokus kembali pada pendidikan

Maryono mengatakan SDM merupakan unsur penting yang akan berperan bagi masa depan Bangsa Indonesia. Apalagi, lanjutnya, Indonesia merupakan negeri kaya akan Sumber Daya Alam (SDA).

Menurut Maryono, selain untuk pengelolaan SDA, peningkatan keterampilan SDM juga perlu dilakukan untuk agar negara ini mampu berkompetisi dengan entitas negara lainnya dalam skala global.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X