"Garing" Tunggu Hasil SBMPTN? Lakukan 4 Hal Ini

Kompas.com - 30/06/2019, 12:33 WIB
Ilustrasi milenial traveling SHUTTERSTOCKIlustrasi milenial traveling

 

KOMPAS.com – Masa pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 telah digelar pada 10-24 Juni 2019 dan akan diumumkan hasilnya pada 9 Juli 2019.

Masih ada sekitar 10 hari lagi bagi peserta SBMPTN 2019 untuk mengetahui apakah rencana studi di perguruan tinggi negeri pilihan masing-masing dapat berlanjut atau tidak.

Namun, tidak perlu berlarut-larut atau 'garing' memikirkan seperti apa hasilnya nanti. Ketimbang muncul kekhawatiran tidak menentu, lebih baik mengisi hari-hari dengan kegiatan  positif seperti 4 berikut ini:

1. Ambil kursus singkat

Pakailah waktu kurang dari dua minggu ini dengan mengikuti kursus singkat yang bisa menambah kemampuan dan keterampilan. Sesuaikan dengan minat dan bakat.

Baca juga: Pendaftaran SBMPTN 2019 Ditutup, Berapa Mendaftar Tahun Ini?

Melalui kursus ini bisa jadi nantinya menggali kemampuan terpendam yang selama ini terabaikan dan belum pernah diasah lebih dalam, misalnya kursus komputer atau perangkat elektronik, memasak, menjahit, kecantikan, dan otomotif.

Perhatikan jadwal kursus tersebut, jangan sampai mengganggu jadwal berhubungan dengan SBMPTN jika nanti diterima.

Sesuaikan juga biaya agar tidak melebihi kemampuan keuangan sendiri atau orangtua sehingga tidak menambah beban finansial ketika lolos SBMPTN atau harus mendaftar ke perguruan tinggi swasta ( PTS).

2. Rencana alternatif

Cukup banyak waktu luang untuk memikirkan sejumlah rencana jangka pendek dan jangka panjang. Pejuang SBMPTN bisa mengisi dengan mencari informasi mengenai perguruan tinggi swasta sebagai alternatif melanjutkan studi.

Jika mau menggali informasi, sebenarnya banyak PTS memiliki kualitas pendidikan tidak kalah dari PTN baik dari segi materi kuliah, pengajar, fasilitas, maupun peluang kerja di masa depan.

Beberapa pertimbangan perlu dipikirkan saat menentukan pilihan ke suatu PTS adalah akreditasi, peringkat, biaya kuliah, kualitas lulusan, dan lokasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X