5 Tips "Coding" Jadi Mudah dan Menyenangkan

Kompas.com - 01/07/2019, 17:23 WIB
IlustrasiThinkstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Selain bahasa Inggris, kini bahasa program atau " coding" menjadi salah satu kunci sukses menjawab tantangan era teknologi digital.

Revolusi Industri 4.0 yang bergulir saat ini menuntut beragam kecakapan terkait beragam bidang baru: Maha Data ( Big Data), Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence), Komputasi Awan (Cloud Computing) hingga IoT (Internet of Things).   

Dan bahasa yang mampu menjembatani antara manusia dan teknologi itu: coding.

Namun kerap terjadi, ketika kita mendengar kata “coding” maka yang akan terbayang adalah pekerjaan berat, sulit, rumit dan membosankan. Padahal penguasaan 'bahasa' satu ini menjanjikan masa depan yang sangat menjanjikan.

Jika kita tertarik atau sedang merintis karier terkait dengan coding ini, maka 5 tips ini akan membuat kegiatan coding menjadi mudah dan menyenangkan. 

1. Temukan kebahagiaan

Alasan setiap orang mulai belajar coding belum tentu sama. Ada yang belajar coding karena mendapat mata kuliah coding, ada belajar coding karena tuntutan pekerjaan. Ada juga belajar coding karena tertarik memecahkan tantangan atau problem solving.

Apapun alasan kita mempelajari coding, jika tidak menemukan kebahagiaan saat berhasil memecahkan masalah akan sulit untuk mengasosiasikan coding sebagai kegiatan menyenangkan apalagi menjadikan coding sebagai hobi.

2. Pecahkan masalah

Jika kita merasa bahagia ketika berhasil memecahkan masalah, bisa jadi coding adalah aktivitas paling sesuai untuk ditekuni. Pasalnya, problem solving atau memecahkan masalah adalah tujuan mengapa coding dilakukan.

Terlebih, ada peluang besar masa depan cerah yang dapat diraih jika kita menekuni bidang data ini.

Dalam bahasa sehari-hari, apa yang dilakukan programmer adalah memahami bagaimana manusia memecahkan suatu masalah, lalu menerjemahkan algoritma ini menjadi sesuatu yang bisa dilakukan komputer dalam bahasa yang dipahami komputer yakni bahasa coding.

3. Jadikan sebagai hobi

Hobi tidak selalu merupakan skill terbaik seseorang, dan sebaliknya keahlian seseorang belum tentu hobi. Namun, seringkali apa yang menjadi hobi, pada akhirnya menjadi keahliannya.

Hal ini masuk akal mengingat hobi adalah sesuatu yang disukai sehingga selalu akan dilakukan ketika kita memiliki waktu luang. Dan karena menyukai, secara sengaja maupun tanpa sadar kita akan meluangkan waktu melakukan apa yang menjadi hobi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X