Kompas.com - 15/07/2019, 20:04 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

 

KOMPAS.com – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah dilakukan pada Selasa (9/7/2019) pukul 15.00 WIB melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Sebanyak 714.652 peserta yang tercatat mendaftar pada SBMPTN tahun ini, dan hasilnya 168.742 peserta atau hanya sekitar 23 persen dari jumlah pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 perguruan tinggi negeri ( PTN) se-Indonesia.

Sisanya sebanyak 77 persen peserta yang tidak lulus seleksi itu tentunya harus siap mencari tempat kuliah lain, baik di perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri maupun di perguruan tinggi swasta.

Lokasinya pun ada yang tetap di kota tempat tinggalnya selama ini, tetapi ada juga yang di kota lain. Sebelum kita memutuskan kampus yang dipilih adalah berkualitas, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa kiat berikut ini:

1. Pilih jurusan

Pemilihan jurusan di bangku kuliah. Hal ini wajar menjadi pertimbangan penting karena menentukan masa depan.

Baca juga: 3 Tips Jitu Pilih Kampus dan Prodi, Disertai Link untuk Mengecek

 

Pengaruh paling besar biasa datang dari orangtua, teman, dan kerabat keluarga. Sebelum memilih jurusan, salah satu hal patut dipikirkan adalah jurusan mempunyai prospek pekerjaan luas. 

Akan tetapi, tidak perlu ikut-ikutan orang lain dengan memilih jurusan yang banyak peminatnya, padahal tidak sesuai minat dan kemampuan.

Bagaimanapun juga, nantinya kita sendiri yang akan menjalani kuliah itu. Maka tentukan pilihan sesuai kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Usahakan jurusan itu merupakan jurusan dengan lulusan yang banyak dicari di dunia kerja profesional.

Alasan memilih jurusan sesuai minat dan kemampuan supaya kita bersemangat menjalani hingga nanti berpengaruh pada hasil kuliah dan kualitas pekerjaan di kemudian hari.

2. Mencari informasi

Sebelum menentukan pilihan jurusan di suatu kampus, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang fasilitas tersedia, misalnya ruang perkuliahan, sarana dan prasarana, serta lingkungan sekitar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X