Mendorong Generasi Milenial "Jatuh Hati Lagi" pada Literasi Baca

Kompas.com - 27/07/2019, 18:00 WIB
Najwa Shihab (Jurnalis/pendiri narasi.tv) membagikan kisahnya kepada peserta FLS 2019 dalam sesi bincang interaktif di Bogor, Jawa Barat (26/7/2019).DOK. PSMA KEMENDIKBUD Najwa Shihab (Jurnalis/pendiri narasi.tv) membagikan kisahnya kepada peserta FLS 2019 dalam sesi bincang interaktif di Bogor, Jawa Barat (26/7/2019).

KOMPAS.com - Teknologi informasi yang begitu luas membutuhkan kemampuan kita memilih dan memilah informasi membedakan mana informasi yang berguna mana yang sampah, mana yang fakta mana yang dusta.

Oleh karena itu, generasi milenial sekarang tantangannya jauh lebih besar dibandingkan dengan generasi generasi sebelumnya karena mungkin saja belum betul-betul tamat kemampuannya untuk literasi baca tulis sekarang harus lagi menghadapi tantangan literasi digital.

Tantangan literasi di era digital ini disampaikan Najwa Shihab di sela-sela acara Festival Literasi Siswa (FLS) 2019 yang diadakan Direktorat Pembinaan SMA (PSMA) di Bogor, Jawa Barat, 26-29 Juli 2019.

Sebanyak 100 siswa dari berbagai provinsi Indonesia terpilih untuk berlomba dan mendapat pembekalan dari para maestro literasi dalam rangka penguatan literasi siswa. Mereka merupakan siswa terpilih dari 1.040 karya yang masuk sebelumnya.

Jatuh cinta lagi pada membaca

Najwa menyampaikan seringkali banyak orang menyederhanakan arti dari literasi. "Kita harus memahami arti literasi bukan hanya sekadar membaca atau kemampuan menulis, literasi itu kan kemampuan menyerap informasi dan mengolah itu sehingga berguna untuk kehidupan," tegas Najwa.

Baca juga: Medsos dan Game Online Masih Jadi Musuh Besar Penguatan Literasi

Ia juga menyampaikan tantangan literasi biasanya bukan pada minat bacanya yang kurang melainkan akses terhadap bahan bacaannya yang yang terbatas, terutama di daerah-daerah pelosok yang sangat sulit dijangkau.

"Di sisi lain, kita harus mengakui sekarang makin lama makin susah membuat orang mau tertarik kembali membaca buku karena begitu banyak alasan. Salah satunya karena gadget," lanjutnya.

Najwa menambahkan, "Itu berarti harus dicari cara untuk membuat orang mau jatuh cinta lagi pada membaca dan cara paling mudah sekarang adalah terutama untuk generasi milenial berusaha mendekatkan membaca lewat hal-hal yang mereka memang lakoni sehari-hari lewat digital."

Adaptasi lewat literasi digital

Kegiatan Festival Literasi Siswa (FLS) 2019 Direktorat PSMA diikuti 100 siswa terpilih dari seluruh Indonesia dan diadakan 26-29 Juli 2019 di Bogor, Jawa Barat.DOK. PSMA KEMENDIKBUD Kegiatan Festival Literasi Siswa (FLS) 2019 Direktorat PSMA diikuti 100 siswa terpilih dari seluruh Indonesia dan diadakan 26-29 Juli 2019 di Bogor, Jawa Barat.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X