Kompas.com - 26/08/2019, 21:16 WIB
Gubernur Kaltim Isran (putih) didampingi Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata (batik tengah) bersama sejumlah narasumber dari akademisi Universitas Mulawarman Samarinda dalam dialog pemindahan Ibu Kota Negara di Hotel Swiss Bell, Balikpapan, Rabu (21/8/2019). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONGubernur Kaltim Isran (putih) didampingi Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata (batik tengah) bersama sejumlah narasumber dari akademisi Universitas Mulawarman Samarinda dalam dialog pemindahan Ibu Kota Negara di Hotel Swiss Bell, Balikpapan, Rabu (21/8/2019).

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan secara resmi ibu kota baru yang berada di Kalimantan. Pengumuman itu disampaikan oleh Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi.

Dia menyatakan bahwa keputusan ini diambil setelah pemerintah melakukan kajian mendalam dan intensif selama tiga tahun.

Terkait keberadaan ibu kota baru itu, salah satu hal yang patut dipertimbangkan yaitu sarana pendidikan berupa perguruan tinggi.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia mencatat, ada dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Kalimantan Timur (Kaltim) yang mengikuti SBMPTN 2019, yaitu Universitas Mulawarman (Unmul) yang berpusat di Samarinda dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan.

Baca juga: Top 100 Universitas Terbaik Nasional 2019

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khusus untuk Unmul, kampus ini merupakan salah satu PTN di Pulau Kalimantan yang difavoritkan calon mahasiswa di wilayah tersebut.

Pada SBMPTN 2019, secara keseluruhan Unmul membuka 62 program studi (prodi) untuk kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Humaniora (Soshum).

Seperti dipublikasikan di laman resmi SBMPTN 2019, berikut ini daftar prodi favorit di Unmul dan daya tampungnya pada tahun ini:

Saintek

1. Farmasi

Prodi ini tercatat menarik paling banyak peminat pada SBMPTN 2018, yakni 1.426 orang. Sementara daya tampung yang disediakan tahun ini hanya untuk 52 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.