Wisuda UI: Lulusan S1 Termuda 19 Tahun dan Doktor 25 Tahun

Kompas.com - 02/09/2019, 14:48 WIB
Upacara wisuda Universitas Indonesia (UI) semester genap tahun akademik 2018/2019 di Balairung UI, Kampus Depok, Sabtu (31/8/2019).
KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAUpacara wisuda Universitas Indonesia (UI) semester genap tahun akademik 2018/2019 di Balairung UI, Kampus Depok, Sabtu (31/8/2019).


KOMPAS.com - Universitas Indonesia ( UI) mengadakan upacara wisuda semester genap tahun akademik 2018/2019 untuk 3.040 wisudawan yang terdiri dari 2.816 wisudawan Program Sarjana Reguler dan 224 wisudawan Kelas Khusus Internasional pada Sabtu (31/8/2019) di Balairung UI, Kampus Depok.

Tercatat sebanyak 1.105 wisudawan Program Sarjana Reguler memperoleh predikat cumlaude dengan IPK tertinggi yaitu 3,98 yang diraih oleh Billi dari Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik.

Adapun lulusan termuda cum laude diraih Gusdhi Rhazhya Ramadhan berumur 19 tahun 8 bulan. Dia merupakan wisudawan dari Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik UI dengan IPK 3,64.

Sementara itu, untuk Kelas Khusus Internasional, sebanyak 53 wisudawan mendapatkan predikat cum laude dengan IPK tertinggi yaitu 3,92 yang diraih oleh Nathania Imanina dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Tantangan disrupsi

Rektor UI Prof. Muhammad Anis mengatakan pada era disrupsi teknologi ini perguruan tinggi harus melakukan transformasi secara inovatif sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Baca juga: Cerita di Balik Driver Ojol Lulus Cum Laude, Ngojek dari Semester V hingga Pakai Jaket Gojek Saat Wisuda

“Sebagai lulusan dari PTN terbaik di Indonesia, diharapkan kalian dapat menjadi SDM yang adaptif, tangguh, berintegritas, kompeten, memiliki pandangan maju ke depan,” ujar Anis dalam pidatonya.

Selain itu, para wisudawan juga diharapkan memiliki karakter yang santun, berbudi luhur, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan domestik dan global.

Dia mengungkapkan, dalam rangka usaha pemerataan pendidikan hingga ke seluruh pelosok Tanah Air, UI memanfaatkan teknologi untuk mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya.

Dengan begitu, kegiatan kuliah yang ada di UI tidak hanya dinikmati oleh mahasiswa UI, tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas di Indonesia.

Dijelaskan pula bahwa UI telah menggunakan e-learning untuk 2.225 mata kuliah sampai akhir tahun 2018. Jumlah peserta kuliah daringnya sebanyak 2.079 atau meningkat 154 persen dibanding tahun lalu.

Sedangkan jumlah pengunjung materi terbuka UI ada lebih dari 600.000 orang atau meningkat 165 persen dibanding tahun lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X