Aktuaria, Program Studi Menjanjikan namun Belum Banyak Dikenal

Kompas.com - 02/10/2019, 20:06 WIB
Program studi aktuaria. Rencanamu.idProgram studi aktuaria.

KOMPAS.com – Apakah kamu pernah mendengar program studi ( prodi) aktuaria? Bisa dibilang bahwa prodi itu masih jarang dikenal dan belum banyak orang Indonesia yang mengetahuinya.

Padahal, peminat prodi tersebut di luar negeri cukup banyak dan lulusannya yang disebut sebagai aktuaris juga banyak dicari, bahkan kini menjadi salah satu profesi yang bergengsi.

Untuk itu, mari kita mengenal lebih jauh tentang program studi aktuaria, seperti dipublikasikan situs Rencanamu.id berikut ini:

1. Bidang ilmu penting

Aktuaria mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan pada masa mendatang. Beberapa bidang ilmu penting yang akan didapatkan yaitu sebagai berikut:

a. Matematika keuangan

Prodi ini berkaitan erat dengan ilmu matematika, khususnya matematika keuangan. Mata kuliah itu mempelajari mengenai tingkat suku bunga, anuitas nilai pembayaran sekarang dan masa depan yang belaku, misalnya dana pensiun dan cicilan pembayaran.

Kamu juga akan mempelajari tentang berbagai jenis suku bunga, seperti suku bunga nominal, suku bunga kontinu, dan suku bunga efektif.

Baca juga: Seksi Prodi Komunikasi Peminat Naik 200 Persen per Tahun, Kenapa?

b. Statistika

Statistika tidak hanya membahas tentang mean, median, dan modus, tetapi juga mempelajari tentang teori peluang dan analisis data. Konsep penting dari teori peluang yaitu memahami permutasi dan kombinasi, sedangkan analisis data menelaah tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data.

Intinya, statistika mempelajari konsep probabilitas, variabel acak dan karakteristiknya, distribusi probabilitas, serta konsep pengujian hipotesis untuk menghasilkan keputusan terkait statistika.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X