Jelang Pekan Kebudayaan, Kemendikbud Gelar Permainan Daerah di CFD

Kompas.com - 05/10/2019, 10:42 WIB
Ilustrasi Permainan Tradisional DOK. KEMENDIKBUDIlustrasi Permainan Tradisional

KOMPAS.com - Pekan Kebudayaan Nasional ( PKN) akan digelar 7-13 Oktober di Istora Senayan, Jakarta dan akan dimeriahkan berbagai kegiatan dan penampilan artis, penyanyi, seniman dan budayawan.

Rencananyam, PKN akan dibuka Wakil Presidem Jusuf Kalla dan terbuka gratis untuk umum.

Jelang PKN, panitia telah menyiapkan pra kegiatan PKN, yakni pada Minggu, 6 Oktober saat masyarakat Jakarta melakukan Car Free Day ( CFD).

"Sebelum pembukaan kita akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat perihal kegiatan PKN yang akan berlangsung 7-13 Oktober mendatang," jelas Sekretaris Ditjen Kebudayaan Sri Hartini melalui rilis resmi.

Galang partisipasi pelaku budaya

Dijelaskan Sri dalam kegiatan disela-sela CFD Sudirman-Thamrin nanti akan ditampilkan berbagai permainan tradisonal.

"Tepatnya, depan gedung Kemendikbud kita siapkan permainan tradisional seperti Egrang, Galahsin dan Lari balok. Semua itu untuk masyarakat sehingga bisa mengenal lebih jauh permainan tradisional kita," jelas Sri.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Nasional Segera Hadir, Ini 5 Agenda Utamanya

Sri menambahkan ada beberapa agenda kegiatan dalam PKN, mulai dari Kompetisi Daerah yang merupakan kompetisi seni khas dari setiap provinsi di Indonesia dilanjutkan dengan kompetisi Nasional.

"Ini merupakan kompetisi permainan tradisional yang dilaksanakan secara berjenjang, dari desa hingga ibu kota," ujarnya.

"Konferensi Pemajuan Kebudayaan berupa ruang pencerahan publik yang bertujuan untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan berbasis kebudayaan," kata Sri.

Sri melanjutkan, "Ekshibisi Kebudayaan yang merupakan pameran artefak-artefak kebudayaan, purwarupa teknologi pemajuan kebudayaan hasil inovasi dari Kemah Budaya Kaum Muda, serta karya-karya unggulan dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah."

Selain kompetisi, pameran artefak akan dihadirkan pula pergelaran karya budaya bangsa.

"Ini merupakan pertunjukan seni dan pawai dengan tema Parade Digdaya Nusantara yang menggalang partisipasi dari pelaku budaya se-Indonesia” Jelasnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X