Kompas Berbagi Visi Tranformasi Digital kepada Mahasiswa Binus

Kompas.com - 08/10/2019, 18:59 WIB
Binus University menggelar Kuliah Umum atau Studium Generale  menghadirkan pembicara Andy Budiman, CEO KG Media di Bina Nusantara (Binus) University, Jakarta (3/10/2019) mengangkat tema 
?Purpose Driven Transformation?. DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARBinus University menggelar Kuliah Umum atau Studium Generale menghadirkan pembicara Andy Budiman, CEO KG Media di Bina Nusantara (Binus) University, Jakarta (3/10/2019) mengangkat tema ?Purpose Driven Transformation?.

KOMPAS.com - Transformasi bukan hal baru bagi Kompas. Era Soekarno dan Soeharto Kompas melakukan transformasi saat berhadapan dengan pemerintah. Namun transformasi terbesar adalah saat Kompas menghadapi perkembangan dunia digital.

Hal inilah yang dibagikan Andy Budiman, CEO KG Media dalam Kuliah Umum atau Studium Generale di Bina Nusantara (Binus) University, Jakarta (3/10/2019) dengan mengangkat tema 
“Purpose Driven Transformation”.

"Dengan kuliah umum ini, mahasiswa dapat belajar dari para praktisi yang memang sudah mumpuni di bidangnya. Yang kami undang dalam kuliah umum ini adalah para CEO atau pemimpin perusahaan yang kita lihat sangat memiliki kompetensi yang luar biasa di bidang masing-masing, dan hari ini kita mengundang Bapak Andy Budiman CEO Kompas Gramedia," jelas Meyliana, Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship Binus University.

Baca juga: Wajah Baru Kanal Edukasi Kompas.com, Kian Cerdaskan Kehidupan Bangsa

"Dari fisik ke digital menurut saya merupakan tantangan terbesar dunia media saat ini karena saya melihat banyak media gagal, yang tutup, yang hilang dan Kompas berhasil melakukan transformasi dalam menghadapi era disrupsi digital ini," ujar Mei

Mahasiswa Binus University sangat antusias dan tertarik mengikuti kuliah umum yang disampaikan CEO KG Media sehingga meski sudah memenuhi kapasitas tempat duduk, mereka rela memenuhi tangga dan area depan panggung.

Menghibur yang papa, mengingatkan yang mapan

Binus University menggelar Kuliah Umum atau Studium Generale  menghadirkan pembicara Andy Budiman, CEO KG Media di Bina Nusantara (Binus) University, Jakarta (3/10/2019) mengangkat tema 
?Purpose Driven Transformation?.DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGAR Binus University menggelar Kuliah Umum atau Studium Generale menghadirkan pembicara Andy Budiman, CEO KG Media di Bina Nusantara (Binus) University, Jakarta (3/10/2019) mengangkat tema ?Purpose Driven Transformation?.

"Saya mencoba menyosialisasikan kepada teman-teman yang muda-muda ini, kepada teman-teman mahasiswa mengenai apa sih purpose Kompas. Dari awal berdirinya Kompas adalah media yang berdiri di atas fakta bahwa Indonesia ini majemuk," ujar Andy Budiman.

Andy melanjutkan, "Kompas bukan media yang mementingkan atau terafiliasi dengan salah satu golongan, tapi harian untuk umum. Selain itu Kompas sebagai media cetak saat awalnya memiliki peran sebagi early warning system, sebagai polite watchdog atas negara ini, terutama terhadap pemerintah."

"Sehingga Kompas kalau mau diartikulasikan purpose-nya adalah menghibur yang papa dan mengingatkan yang mapan. Dan purpose itu tetap relevan dan tetap kami jaga sampai hari ini," tegas Andy.

Andy juga menyampaikan ada berbagai tranformasi yang harus dilakukan ketika kita mengalami disrupsi. "Karena perubahan era disrupsi ini sedemikian cepat, kalau kita tidak punya pegangan, kita akan hanyut kalau tidak punya purpose atau tujuan kita mau apa." 

Ia kemudian mengajak para mahasiswa untuk bisa menggali dan mengartikulasikan purpose atau dari tujuan itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X