UN Sudah Dekat? "Sans" Ini 5 Tips Sukses Mempersiapkan Ujian Nasional

Kompas.com - 12/10/2019, 10:12 WIB
Siswa SMA Darul Ulum I Uggulan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di Rejoso, Kecamata Peterogan, Jombang, Jawa Timur, Senin (1/4/2019). UNBK di Jombang diikuti 9.351 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 10.029 siswa Madrasah Aliyah (MA) selama 1,2,4 dan 8 April 2019. ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIFSiswa SMA Darul Ulum I Uggulan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di Rejoso, Kecamata Peterogan, Jombang, Jawa Timur, Senin (1/4/2019). UNBK di Jombang diikuti 9.351 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 10.029 siswa Madrasah Aliyah (MA) selama 1,2,4 dan 8 April 2019.

KOMPAS.com - Badan Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan jadwal Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2020. Ujian Nasional saati ini masih dipandang sebagai tolak ukur dan evaluasi pembelajaran siswa di sekolah.

Sebagai siswa, tentu kamu berharap bisa sukses menghadapi Ujian Nasional dan mendapatkan hasil terbaik.

Ujian Nasional bukanlah hal yang mudah dihadapi. Kamu memerlukan persiapan matang untuk menghadapi dan dapat mengerjakan ujian nantinya dengan baik.

Tidak sedikit yang merasa cemas ketika sudah memasuki masa ujian terutama menjelang Ujian Nasional. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena kurangnya persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional.

Bahkan banyak yang tidak tahu hal apa saja yang harus dipersiapkan.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Jadwal Ujian Nasional SMA/MA 2020

Feby Restu Dyastika dari Edutore.com, platform pembelajaran berbasis online dari Gramedia memberikan 5 tips yang perlu kamu persiapkan dalam menghadapi Ujian Nasional agar merasa percaya diri. Simak yuk!

1. Buat rencana belajar

Susun rencana belajar khusus untuk beberapa bulan kedepan menjelang Ujian Nasional. Kamu bisa menuliskan to-do-list berisi:

  • Materi apa yang akan dipelajari setiap hari
  • Durasi belajar dari tiap materi
  • Target/goals yang ingin dicapai setelah mempelajari materi
  • Catatan refleksi setelah belajar apa yang harus diperbaiki maupun ditingkatkan

Rencana belajar yang kamu buat bisa mengacu pada jadwal pelajaran di sekolah. Dengan begitu kamu bisa mengetahui proses perkembangan pembelajaran kamu sebelum Ujian Nasional.

2. Jaga pola tidur

Sederhana namun penting, pola tidur yang baik dapat meningkatkan kinerja otak kamu. Sayangnya, penerapkan pola tidur yang baik sangatlah sulit bagi yang sudah terbiasa dengan pola tidur yang tidak teratur.

Rentang waktu direkomendasikan dokter bagi usia remaja adalah selama 7-8 jam. Namun, tidur yang ideal bukan hanya dari durasi saja. Seberapa berkualitas tidur kita juga menjadi faktor pola tidur yang baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X