Jangan Takut Jadi “Mahasiswa Kupu-kupu”? Ini 5 Manfaatnya

Kompas.com - 23/10/2019, 20:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa kupu-kupu. Dok. Rencanamu.idIlustrasi mahasiswa kupu-kupu.


KOMPAS.com – Ada berbagai istilah yang diberikan untuk menyebutkan jenis mahasiswa dilihat dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Sebelumnya, telah dibahas istilah mahasiswa “kura-kura” yang merupakan singkatan dari kuliah-rapat kuliah-rapat.

Selain kuliah, mahasiswa jenis ini biasanya mengikuti berbagai kegiatan dan rapat organisasi, baik di dalam maupun luar kampus. Bahkan dia menduduki posisi penting di organisasi itu.

Nah, kali ini kita akan membahas hal yang berlawanan, yaitu mahasiswa " kupu-kupu", yang merupakan singkatan dari kuliah-pulang kuliah-pulang. Kebanyakan orang beranggapan bahwa mahasiswa jenis ini kurang berkembang karena aktivitasnya cenderung monoton dan kurang bersosialisasi dengan teman di kampus ataupun luar kampus.

Namun, ternyata mahasiswa kupu-kupu juga memiliki kelebihan. Seperti dilansir di Rencanamu.id, berikut ini lima manfaatnya:

1. Lebih fokus kuliah

Sesuai sebutannya, mahasiswa kupu-kupu menghabiskan sebagian besar waktunya dengan hal-hal yang berbau kuliah. Dia akan lebih fokus untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, seperti membuat bahan presentasi, makalah ilmiah, dan jurnal.

Baca juga: Ada 5 Manfaat Jadi Mahasiswa Kura-kura, Apa Lagi Itu?

Tentu saja dia lebih fokus pada tugas kuliah karena kegiatannya di luar kuliah tidak begitu banyak sehingga punya lebih banyak waktu untuk merampungkan tugas kuliah.

Tidak hanya itu, mahasiswa kupu-kupu juga cenderung bisa mengikuti jadwal kuliah dengan baik dan teratur, tanpa harus sering membolos. Sebab, dia tidak mempunyai aktivitas lain di luar kuliah yang bisa jadi waktunya bersamaan dengan perkuliahan.

2. Cepat lulus

Sudah umum diketahui bahwa seorang mahasiswa bisa lulus dengan cepat jika belajar dan mengerjakan tugas kuliah dengan baik, jarang bolos, serta fokus pada kegiatan kuliah.

Dengan menjadi mahasiswa kupu-kupu, tentunya kamu punya kesempatan lebih besar untuk melakukan hal-hal tersebut karena sebagian besar waktumu hanya digunakan untuk aktivitas kuliah.

Otomatis rencana untuk menyelesaikan kuliah di setiap semester akan lebih cepat tercapai hingga akhirnya kamu juga bisa lulus kuliah sesuai target atau bahkan lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

3. Mengembangkan hobi

Mahasiswa kupu-kupu mempunyai lebih banyak waktu luang sehingga dia bisa mengembangkan diri dengan melakukan kegiatan lain. Bentuknya yaitu menekuni hobi yang disukai selama ini, misalnya memancing, melukis, dan memasak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X