Menghidupkan Kembali Antusiasme Belajar lewat Kelas Digital

Kompas.com - 31/10/2019, 20:03 WIB
Konferensi pers kerja sama antara Samsung Electronics Indonesia dan PesonaEdu yang digelar di Jakarta (30/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci yang dipadu bersama aplikasi pembelajaran PesonaEdu yang diharapkan menjadi perangkat digital untuk proses pembelajaran yang efektif secara digital dan ramah anak di dalam Samsung Smart Learning Class.
DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARKonferensi pers kerja sama antara Samsung Electronics Indonesia dan PesonaEdu yang digelar di Jakarta (30/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci yang dipadu bersama aplikasi pembelajaran PesonaEdu yang diharapkan menjadi perangkat digital untuk proses pembelajaran yang efektif secara digital dan ramah anak di dalam Samsung Smart Learning Class.

KOMPAS.com - Kehadiran teknologi dalam ruang-ruang kelas sama sekali tidak bermaksud untuk menggantikan peran dan fungsi guru. Sebaliknya, kehadiran teknologi diharapkan justru akan menguatkan proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan berdampak.

Hal ini mengemuka dalam sosialiasi program kerja sama antara Samsung Electronics dan PesonaEdu yang digelar bagi media di Jakarta (30/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci yang dipadu bersama aplikasi pembelajaran PesonaEdu yang diharapkan menjadi perangkat digital untuk proses pembelajaran yang efektif secara digital dan ramah anak di dalam Samsung Smart Learning Class.

Samsung Galaxy Tab A8 2019 ini diharapkan pula mampu membuat proses belajar di sekolah menjadi lebih menyenangkan dan ramah anak. Dari sisi guru, kehadiran tablet ini akan mendorong guru memanfaatkan teknologi secara optimal untuk membantu proses belajar sekaligus mengajarkan pada siswa bagaimana menggunakan teknologi secara tepat guna.

Kelas berbasis digital

"Belajar dengan Samsung Tab A 2019 8 inci menjadi solusi bagi anak didik, guru dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Bagi guru dan siswa, menyimpan buku elektronik dalam perangkat gawai akan lebih ringan, mudah, dan terjangkau," jelas Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Ennita menjelaskan, "Galaxy Tab A8 2019 dihadirkan dengan fitur Samsung One UI membantu guru dan anak didik menjalankan proses belajar lebih menyenangkan dan efektif."

Baca juga: Sinergi Samsung Indonesia dan Kemendikbud Perkuat Pendidikan Digital

Lebih jauh Ennita menyampaikan Samsung telah mengusung konsep Samsung Smart Learning Class (SSLC) yang merupakan konsep digital untuk sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Ennita mengatakan pihaknya terbuka bagi sekolah hingga perguruan tinggi yang ingin mengadopsi konsep kelas digital Samsung ini.

SSLC sendiri merupakan ruang kelas berbasis ICT (Information and Communication Techonology) hadir untuk memberikan efektivitas kegiatan belajar karena dapat memberikan pengalaman belajar lebih menarik dan mendorong keingintahuan siswa dalam belajar.

Dari sisi guru, SSLC membantu guru dalam mencari materi ajar maupun dijadikan sebagai alat peraga yang lebih interaktif dan berkualitas.

Ennita menyebutkan saat ini telah ada 11 SSLC di Indonesia dengan lebih 10 ribu siswa yang telah merasakan manfaat dari kelas berbasis digital ini baik melalui e-library, e-content maupun train for trainer.

Pembelajaran generasi digital

Konferensi pers kerja sama antara Samsung Electronics Indonesia dan PesonaEdu yang digelar di Jakarta (30/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci yang dipadu bersama aplikasi pembelajaran PesonaEdu yang diharapkan menjadi perangkat digital untuk proses pembelajaran yang efektif secara digital dan ramah anak di dalam Samsung Smart Learning Class.DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGAR Konferensi pers kerja sama antara Samsung Electronics Indonesia dan PesonaEdu yang digelar di Jakarta (30/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci yang dipadu bersama aplikasi pembelajaran PesonaEdu yang diharapkan menjadi perangkat digital untuk proses pembelajaran yang efektif secara digital dan ramah anak di dalam Samsung Smart Learning Class.

"Anak didik sudah sejak lahir kenal dengan gadget. Ini merupakan peluang bagi pendidik dan orangtua untuk membimbing mereka sejak dini memilih informasi baik untuk tumbuh kembang anak karena teknologi akan menjadi dunia masa depan mereka," ujar Maria Widyati, Direktur PesonaEdu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X