Tanpa Persiapan, Kuliah di Belanda Cuma Jadi Impian...

Kompas.com - 01/11/2019, 14:37 WIB
Supaya punya gambaran detail tentang rencana studi, cara hidup atau gaya hidup, hingga metode pengajaran dan pembelajaran di Belanda ada baiknya Anda mengunjungi Dutch Placement Day 2019 yang digelar hari ini, Jumat (1/11/2019) di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta. KOMPAS.COM/M LATIEFSupaya punya gambaran detail tentang rencana studi, cara hidup atau gaya hidup, hingga metode pengajaran dan pembelajaran di Belanda ada baiknya Anda mengunjungi Dutch Placement Day 2019 yang digelar hari ini, Jumat (1/11/2019) di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta.
Penulis M Latief
|
Editor M Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pelajar yang mau kuliah di Belanda, tapi belum tahu mau pilih jurusan dan kampusnya. Memang, tanpa punya banyak informasi, rencana kuliah di Belanda hanya akan jadi impian, bukan kenyataan.

Bukan cuma soal jurusan dan kampusnya, pengeluaran harian selama tinggal di Belanda, angkutan umum, buku, pakaian, bahkan tiket bioskop perlu jadi gambaran, apalagi soal biaya akomodasi dan asuransi.

Sebutlah, kalau Anda memiliki pemasukan terbatas, misalnya hanya dari beasiswa, Anda perlu tahu bahwa sepertiga dari biaya itu akan dikeluarkan untuk akomodasi. Rata-rata biaya kamar di Belanda bisa menghabiskan antara €300 hingga €600 sebulan.

Urusan makan juga mestinya menjadi perhatian. Pasalnya, makanan diperkirakan juga akan menghabiskan sepertiga uang Anda.

Beruntungnya, sebagian besar lembaga pendidikan tinggi di Belanda menyediakan makanan panas dengan harga terjangkau. Banyak kota di Belanda menyediakan kafe atau kedai untuk memperoleh makanan yang baik dengan harga murah. Tapi tentu, yang termurah itu adalah memasak makanan sendiri.

Lalu, kira-kira apa lagi yang perlu Anda ketahui?

Tentu saja banyak! Mulai persiapan bahasa Inggris, metode pengajaran, fasilitas dan banyak hal lainnya perlu Anda tahu.

Supaya punya gambaran detail tentang rencana studi, cara hidup atau gaya hidup, hingga metode pengajaran dan pembelajaran di Belanda ada baiknya Anda mengunjungi Dutch Placement Day 2019 yang digelar hari ini, Jumat (1/11/2019) di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta. KOMPAS.COM/M LATIEF Supaya punya gambaran detail tentang rencana studi, cara hidup atau gaya hidup, hingga metode pengajaran dan pembelajaran di Belanda ada baiknya Anda mengunjungi Dutch Placement Day 2019 yang digelar hari ini, Jumat (1/11/2019) di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta.
Nah, supaya punya gambaran detail tentang rencana studi, cara hidup atau gaya hidup, hingga metode pengajaran dan pembelajaran di Belanda ada baiknya Anda mengunjungi Dutch Placement Day 2019 yang digelar hari ini, Jumat (1/11/2019) di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta. 

Di pameran ini Anda bisa tahu banyak soal pilih kampus dan jurusan yang tepat buat Anda! Pasalnya, sebagian besar perwakilan universitas Belanda hadir di acara ini.

"Karena di acara ini peserta pameran bisa tanya apa saja soal informasi yang dibutuhkan langsung ke pihak kampusnya, soal biaya, dinamika belajar, beasiswa, dan sebagainya. Ini kesempatan langsung bertanya ke pihak kampusnya," ujar Inty Dienasari, Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia.

Selain itu, pelajar yang hari ini datang ke Dutch Placement Day bisa mengikuti simulasi tes IELTS gratis dan belajar cata membuat Motivation Statement yang bagus, termasuk untuk mencari info beasiswa studi di Belanda.

"Akan ada presentasi perwakilan kampus dan presentasi bermacam beasiswa di pameran ini. Siapa pun bisa bertanya langsung supaya lebih jelas," tambah Inty.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X