Pendidikan Polisi, yuk Kenali Macam Pendidikan dan Potensi Lulusannya

Kompas.com - 04/11/2019, 22:46 WIB
Panitia Seleksi Calon taruna Akpol mengenakan atribut yang menegaskan bahwa proses perekrutan taruna kepolisian berjalan transparan, akuntabel tanpa titipan ataupun sponsorship, Rabu (4/7/2018). KOMPAS.com/NAZAR NURDINPanitia Seleksi Calon taruna Akpol mengenakan atribut yang menegaskan bahwa proses perekrutan taruna kepolisian berjalan transparan, akuntabel tanpa titipan ataupun sponsorship, Rabu (4/7/2018).

KOMPAS.com - "Saya mau jadi polisi." Jawaban tersebut pasti kamu pernah dengar saat berbincang dengan anak-anak tentang cita-citanya.

Namun, bila kamu saat ini setelah lulus SMA, SMK, bahkan lulus kuliah berencana ingin menjadi polisi, ada baiknya untuk mengetahui pendidikan kepolisian yang dibutuhkan.

Pendidikan kepolisian merupakan salah satu syarat untuk menjadi polisi. Lewat beragam jenis pendidikan, kamu akan menjadi polisi yang nantinya akan bertugas di institusi Kepolisian Republik Indonesia.

Dikutip dari Rencanamu.id, kamu juga dapat memilih jenjang atau tingkatan pendidikan menyesuaikan dengan pangkat yang akan diperoleh setelah lulus nanti di pendidikan kepolisian. Lama pendidikannya pun bervariasi.

Untuk lebih lanjut, yuk mari kita ketahui tentang pendidikan kepolisian.

1. Ragam pendidikan kepolisian

Yang pertama adalah Pendidikan Tamtama Kepolisian. Durasi pendidikannya selama lima bulan dengan output lulusannya berpangkat Bhayangkara Dua (Bharada). Selama Pendidikan Tamtama Kepolisian akan diajarkan fungsi teknis Kepolisian Lalu Lintas, Intelijen, Reserse dan Binmas,

Yang kedua adalah Pendidikan Bintara Kepolisian. Durasi pendidikannya selama tujuh bulan dan pangkat yang didapat oleh lulusannya adalah Brigadir Dua (Bripda).

Ketiga, Pendidikan Taruna Kepolisian yang diselenggarakan di Akademi Kepolisian (Akpol) berdurasi empat tahun, lulusannya nanti akan memeroleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK), serta menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Berkesan Cewek Banget, Apa Iya?

Bagi kamu yang ingin menempuh Pendidikan Kepolisian setelah lulus dari perguruan tinggi juga bisa, lho. Kamu bisa mengikuti pendidikan selama enam bulan di Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPS). Pangkat yang didapatkan dari lulusan SIPS adalah Inspektur Dua (Ipda).

2. Kenapa pilih pendidikan kepolisian?

Tentunya Pendidikan Kepolisian hanya diperuntukkan untuk kamu yang memiliki fisik dan mental kuat dan tangguh.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X