KILAS

Tingkatkan Minat Baca Warga DKI, Dispusip Jakarta Lakukan 4 Cara Ini

Kompas.com - 07/11/2019, 23:00 WIB
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) terus berupaya meningkatkan minat baca di Indonesia, baik untuk orangtua maupun anak-anak. Dok. Pemprov DKIPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) terus berupaya meningkatkan minat baca di Indonesia, baik untuk orangtua maupun anak-anak.

KOMPAS.com - Minat baca di Indonesia menempati urutan ke-63 dari 70 negara. Sementara itu, data UNESCO menyebut, minat baca anak Indonesia berada di angka 0,01 persen.

Itu artinya, dari 10.000 anak Indonesia, hanya satu anak yang senang membaca.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ( Dispusip) terus berupaya meningkatkan minat baca di Indonesia.

Salah satu bentuk program strategis Dispusip yakni mengampanyekan Program Baca Jakarta, mengaktivasi taman baca masyarakat, dan mengelola Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin.

Untuk itu, tahun ini Dispusip Pemprov DKI Jakarta menghadirkan berbagai bentuk kampanye, antara lain:

1. Mempromosikan PDS HB Jassin

Dispusip mengikuti gelaran Islamic Book Fair (IBF) yang berlangsung 27 Februari-3 Maret 2019. IBF ini juga sebagai medaia untuk lebih mempromosikan (PDS) HB Jassin dengan berbagai koleksinya.

Selain mempromosikan PDS HB Jassin, Dispusip menampilkan koleksi perpustakaan umum.

Selain itu, dinas mempromosikan layanan perpustakaan yang ada di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta.

2. Menambah 15 armada perpustakaan keliling

Saat ini, 42 perpustakaan keliling milik Pemprov DKI Jakarta bisa memudahkan warga Jakarta mencari sumber bacaan secara gratis, utamanya anak-anak.

Anggaran untuk pengadaan 15 mobil perpustakaan kelililing itu sekitar Rp 5 miliar dan pengadaannya diprediksi bisa terealisasi pada triwulan tiga.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X