Kisah Ayah Inspiratif, dari Buruh Tani hingga Antar Anak Tiap Hari

Kompas.com - 13/11/2019, 18:05 WIB
Fawzia Alfiana Dewi (27) bersama ayah dan kedua adiknya. Dok. Fawzia Alfiana DewiFawzia Alfiana Dewi (27) bersama ayah dan kedua adiknya.

KOMPAS.com- Psikolog Rosliani Verauli menyebut peran ayah dalam mendidik anak sangat penting. Anak bisa akan bisa lebih percaya diri dan berani dalam menjalani hidup.

"Anak akan belajar dari ayah tentang pemimpin, social skills, nilai-nilai sosial. Yang paling penting itu ya kalau keluarganya sehat," ujar Vera.

Vera mengatakan dalam struktur keluarga yang berjalan dan berfungsi dengan baik, ayah akan berperan sebagai decision maker. Sementara, ibu akan berperan sebagai pelaksana terkait pemenuhan kebutuhan yang bersifat emosional.

Peran ayah dalam pendidikan emosional anak juga bisa ditumbuhkan saat berinteraksi bersama. Anak baik laki-laki maupun perempuan bisa belajar tentang gender dari sosok ayah.

"Dinamika anak dan ayah, itu sangat menentukan bagaimana kelak anak menghayati konsep diri, peran gender, dan seksualitas. Ini memberikan model tentang relasi yang sehat pada kemudian hari," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Baca juga: Hari Ayah Nasional, 3 Peran Ini Jadikan Ayah Pahlawan Keluarga

Diceritakan kepada Kompas.com, berikut dua kisah tentang ayah inspiratif memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November.

Antar sekolah setiap hari

Fawzia Alfiana Dewi (27) masih ingat betul saat ayahnya, Dwi (57) mengantarkannya setiap hari berangkat sekolah ke SD Al Falah Surabaya. Tumbuh besar di Griya Kebraon Barat Surabaya, ayahnya selalu mengantarkan Fia bersama dua adiknya pergi ke sekolah yang berbeda lokasi sebelum berangkat ke kantor.

"Naik motor jauh ke kantornya. Pagi-pagi bonceng tiga anak, aku sama dua adikku," ujar Fia.

Adiknya yang pertama duduk di depan. Sementara Fia dan adiknya yang lain duduk di bangku belakang.

Fia bersama ayah dan adiknya setiap pagi menempuh rute perjalanan yakni Griya Kebraon Barat - ke SD Muhammadiyah 15 Mastrip Surabaya - SD Al Falah Surabaya. Perjalanan Fia bersama ayah dan dua adiknya menggunakan motor bebek keluaran Suzuki tak selalu mulus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X