5 Rekomendasi Bank Dunia untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Indonesia

Kompas.com - 22/11/2019, 22:06 WIB
Anak-anak saat mau berangkat sekolah. KOMPAS.com/Slamet PriyatinAnak-anak saat mau berangkat sekolah.

KOMPAS.com - Bank Dunia menyoroti kualitas pendidikan di Indonesia lewat laporannya berjudul "The Promise of Education in Indonesia".

Indonesia disebutkan telah meraih kemajuan penting dalam pendidikan seperti reformasi kebijakan utama telah meningkatkan akses terhadap pendidikan dalam sistem pendidikan Indonesia yang besar dan kompleks khususnya bagi anak-anak kurang beruntung.

Sejak tahun 2000, total jumlah siswa telah meningkat lebih dari 10 juta  atau 25 persen.

Selain itu, peningkatan jumlah siswa ini disertai dengan kenaikan tertinggi skor rata-rata matematika dalam Programme for International Student Assessment (PISA) antara tahun 2003 sampai 2015.

Namun, di sisi kemajuan itu ada sejumlah catatan perbaikan seperti pembelajaran siswa tetap rendah dan kesenjangan hasil belajar meningkat dan generasi muda tidak dibekali dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

“Manfaat pendidikan adalah memastikan anak-anak belajar di sekolah, tidak hanya sekedar datang ke sekolah. Upaya-upaya perlu dilakukan untuk menilai seberapa jauh siswa belajar dan menggunakan hasil penilaian tersebut untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan kepada provinsi, kabupaten, sekolah, guru, dan siswa yang membutuhkannya," kata Jaime Saavedra, World Bank’s Global Director for Education.

Baca juga: Krisis Dunia Pendidikan, Satu Pesan dari Bank Dunia...

Bank Dunia dalam laporannya memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Berikut rekomendasinya.

1. Meningkatkan kualitas pembelajaran

Bank Dunia mencatat sebagian besar siswa Indonesia tidak belajar sebagaimana yang seharusnya.

Pemerintah Indonesia dapat memastikan bahwa siswa setidaknya mencapai standar minimal pembelajaran dan pengembangan diri siswa di setiap jenjang sistem pendidikan.

Pembelajaran harus diarahkan dan didukung, dengan lebih menekankan untuk membantu guru dalam meningkatkan pengukuran hasil belajar dan keterampilan abad ke-21.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X