Jelang Hari Guru Nasional, Kisah Inspiratif Diana Indrawati Berjuang di Pedalaman Transmigrasi

Kompas.com - 24/11/2019, 10:38 WIB
Diana Indrawati guru kelas III SDN 174/V Intan Jaya, Muara Papalik, Tanjab Barat. Sekolahnya berada di pedesaan transmigrasi yang penduduknya mengandalkan hasil perkebunan. DOK. PRIBADI/DIANA INDRAWATIDiana Indrawati guru kelas III SDN 174/V Intan Jaya, Muara Papalik, Tanjab Barat. Sekolahnya berada di pedesaan transmigrasi yang penduduknya mengandalkan hasil perkebunan.

KOMPAS.com - Diana Indrawati adalah guru kelas III SDN 174/V Intan Jaya, Muara Papalik, Tanjab Barat, Jambi. Sekolahnya berada di pedesaan transmigrasi yang penduduknya mengandalkan hasil perkebunan.

Menurut Diana, semua siswanya sudah bisa membaca. Hanya saja banyak yang tidak mampu memahami apa yang sudah mereka baca.

“Hal itulah yang mendorong saya membuat buku besar atau big book untuk melatih siswa menyenangi buku dan memahami buku yang dibaca bersama,” kata Diana.

Sebagai guru kelas III, Diana termasuk sosok rajin yang menghasilkan buku. Sudah delapan buku yang dibuatnya. Termasuk tiga big book yang kini digunakan dalam pembelajaran membaca bersama di kelas awal.

Paham literasi lewat Big Book

Big book merupakan buku berukuran besar. Di dalamnya berisi cerita singkat dengan tulisan yang cukup besar dan diberi gambar yang menarik. Anak bisa membaca sendiri atau membaca bersama dengan guru. Bahkan dengan big book juga menjadi media bagi Diana untuk mendongeng bagi siswanya.

Baca juga: Jelang Hari Guru Nasional, Ini 5 Pesan Penting Mendikbud Nadiem bagi Guru

Dengan gambar yang menarik, anak akan lebih termotivasi untuk membaca bersama atau mendengarkan cerita guru. Media big book ini sangat cocok untuk diterapkan di kelas awal untuk mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa.

Dalam membuat big book, Diana mengawali dengan mencari topik-topik cerita yang dekat dan sudah dikenal siswa. Topik ceritanya juga dia sesuaikan dengan kebutuhan siswa.

“Ini salah satu contoh big book yang saya buat. Judulnya Kelinci Kesayangan Dayu. Saya mendapat inspirasinya karena ada beberapa siswa yang memelihara kelinci. Gambar ilustrasinya saya sesuaikan dengan isi cerita. Bisa digambar sendiri atau dicari dari internet,” kata Diana.

Diana menggunakan ukuran kertas sekitar 40 x 50 cm untuk big book yang dibuatnya. Isi buku didominasi oleh gambar yang besar dan memiliki tulisan besar dan singkat. Jumlah halaman big book biasanya antara 8 hingga 12 halaman.

Membacakan kepada siswa

“Seminggu dua kali saya membacakan big book pada anak. Cara membaca buku juga harus bisa menarik perhatian siswa,” katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X