Moeldoko Dorong Universitas Adaptif terhadap Perubahan dan Pasar

Kompas.com - 25/11/2019, 23:43 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam Seminar Wisuda Universitas Terbuka dengan tema SDM Indonesia Unggul, Berkarakter, dan Maju Menuju Masyarakat 5.0 di Universitas Terbuka Conventian Canter (UTCC), Tangerang Selatan (25/11/2019). DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARKepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam Seminar Wisuda Universitas Terbuka dengan tema SDM Indonesia Unggul, Berkarakter, dan Maju Menuju Masyarakat 5.0 di Universitas Terbuka Conventian Canter (UTCC), Tangerang Selatan (25/11/2019).

KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak universitas adaptif terhadap perubahan termasuk dalam melihat tren pasar agar dapat menghasilkan SDM unggul berdaya saing.

Hal ini disampaikan Moeldoko dalam Seminar Wisuda Universitas Terbuka periode 1 tahun ajaran 2019/2020 di Universitas Terbuka Conventian Canter (UTCC), Tangerang Selatan (25/11/2019).

Universitas Terbuka wilayah 3 ini akan mewisuda 2.768 lulusan untuk program diploma, sarjana dan pascasarjana. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam kesempatan ini mengangkat tema utama "SDM Indonesia Unggul, Berkarakter, dan Maju Menuju Masyarakat 5.0".

Selain seminar wisuda, dalam kesempatan sama juga dilakukan pelantikan pengurus Ikatan Alumni (IKA) UT pusat oleh Rektor UT Prof. Odjat Darojat. Moeldoko akan memimpin IKA UT menggantikan Linda Gumelar untuk masa jabatan 2019-2024.

Baca juga: Pemerintah Jangan Lengah Siapkan SDM Unggul di Era Ekonomi Digital

Melahirkan SDM unggul

Dalam paparannya, Moeldoko menjelaskan periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi memfokuskan pembangunan pada infrastruktur.

"Pembangunan infrastruktur adalah pembangunan peradaban karena menghubungkan dan membuka akses daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau," jelas Moeldoko.

Tahap pembangunan kedua, lanjutnya, Presiden memberikan arahan pembangunan untuk melahirkan SDM unggul yang memiliki daya saing global. Setidaknya ada 5 bidang yang menjadi fokus pembangunan SDM di periode kedua pemerintah Presiden Jokowi.

Kelima fokus pembangunan SDM unggul tersebut yaitu:

  1. Pendidikan karakter
  2. Meningkatkan investasi dan inovasi
  3. Deregulasi dan debirokrasi
  4. Penciptaan lapangan kerja
  5. Pemberdayaan teknologi

Adaptif terhadap perubahan

Moeldoko yang juga merupakan lulusan UT mengajak universitas, khususnya Universitas Terbuka, adaptif terhadap perubahan termasuk adaptif terhadap pasar.

"Perlu ada upaya dalam mengelola kurikulum yang betul-betul bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan market. Atau perlu ada perubahan terhadap organisasi atau dosennya. Intinya seperti menjadi arahan adalah bagaimana (universitas) menjadi responsif terhadap perubahan," tegas Moeldoko.

Moeldoko mengajak UT melihat keberhasilan open university negara lain yang juga menekankan pada pembelajaran berbasis teknologi daring seperti Inggris, India dan Jepang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X