Pesan untuk Guru Milenial: Terima Kasih dan Jangan Takut Berinovasi

Kompas.com - 26/11/2019, 18:46 WIB
Siswa dan Guru terlihat akrab pada Momen Hari Guru Nasional di SMP Negeri 1 Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (25/11/2019) Muh. Amran AmirSiswa dan Guru terlihat akrab pada Momen Hari Guru Nasional di SMP Negeri 1 Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (25/11/2019)

KOMPAS.com - Generasi millenial kini terus mengisi profesi guru. Kiprah guru- guru millenial menjadi salah satu kunci pengembangan sumber daya manusia di Indonesia saat ini.

Tentunya, beban dan tanggung jawab guru-guru millenial berupa administrasi di sekolah, gaji kecil, dan lainnya masih membayangi mereka dalam bekerja.

Tanggung jawab guru yaitu membentuk karakter anak di sama depan ada di pundak guru-guru millenial.

Keberanian mereka patut diapresiasi. Setidaknya itulah kalimat pertama yang dilontarkan salah satu guru dari generasi millenial, Zafira Andini Muzzamil (22) untuk mengapresiasi para generasi millenial yang telah memilih profesi guru.

"Terima kasih karena teman-teman sudah memilih profesi (guru) yang sangat mulia dan beresiko besar. Kenapa? Karena tugas kita adalah membentuk generasi muda yang sekarang kita ajar untuk menjadi modal negara kita, bangsa kita untuk maju," ujar Zafira saat dihubungi Kompas.com.

Beban administrasi

Beban guru tersebut, lanjutnya, dipilih dengan ikhlas dan sukarela. Menurutnya, keberanian menjadi guru saat ini adalah hal yang luar biasa.

Baca juga: Hari Guru Nasional, 4 Inspirasi Penguatan Literasi Dasar di Kelas

"Tetap pada idealisme teman-teman walaupun sekarang susah," ujar guru di SMAN 5 Bogor itu.

Susah yang Zafira maksud adalah beban administrasi yang mesti guru penuhi sehingga waktu mengajar tak maksimal, keterbatasan dana sekolah, dan orangtua yang kurang komunikatif ke guru.

Beban administasi di sekolah seperti tugas khusus mengurusi kurikulum, acara di sekolah hingga ikut lomba-lomba di berbagai tingkat.

Ia meminta rekan-rekan guru millenial untuk tak mudah menyerah. Ia menyakinkan guru-guru millenial pasti bisa beradaptasi dengan lingkungan, idealisme, dan cara mendidik yang khas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X