25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik bagi Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerja

Kompas.com - 27/11/2019, 08:40 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020.

Bagi siswa kelas 12 dengan peminatan IPS, bisa jadi ada yang masih merasa bingung jurusan kuliah apa yang akan kamu pilih nantinya. Jurusan kuliah apa saja yang bisa dipilih oleh siswa SMA peminatan IPS?

Bila masih bingung, mungkin panduan 25 pilihan jurusan kuliah dari Rencanamu.id ini dapat menjadi pertimbangan. Pastinya, kamu harus memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu miliki.

Berikut 25 jurusan kuliah yang dapat dipilih siswa SMA IPS. Urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat namun disusun secara acak: 

1. Ilmu Komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi. Pelajaran-pelajaran seru seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Berkesan Cewek Banget, Apa Iya?

Intinya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Sosiologi.

Prospek kerja jurusan: Public relation, Spesialis Hubungan Masyarakat, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas atau jurnalis.

2. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional dianggap merupakan salah satu jurusan bergengsi. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN, Bahasa Inggris atau bahasa asing lain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X