Kompas.com - 27/11/2019, 08:40 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020.

Bagi siswa kelas 12 dengan peminatan IPS, bisa jadi ada yang masih merasa bingung jurusan kuliah apa yang akan kamu pilih nantinya. Jurusan kuliah apa saja yang bisa dipilih oleh siswa SMA peminatan IPS?

Bila masih bingung, mungkin panduan 25 pilihan jurusan kuliah dari Rencanamu.id ini dapat menjadi pertimbangan. Pastinya, kamu harus memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu miliki.

Berikut 25 jurusan kuliah yang dapat dipilih siswa SMA IPS. Urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat namun disusun secara acak: 

1. Ilmu Komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi. Pelajaran-pelajaran seru seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Berkesan Cewek Banget, Apa Iya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Intinya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Sosiologi.

Prospek kerja jurusan: Public relation, Spesialis Hubungan Masyarakat, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas atau jurnalis.

2. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional dianggap merupakan salah satu jurusan bergengsi. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN, Bahasa Inggris atau bahasa asing lain.

Prospek kerja jurusan: Konsultan Politik, diplomat, wartawan internasional, konsultan Imigrasi.

3. Psikologi

Jurusan Psikologi mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan kita, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi.

Prospek kerja jurusan: Psikolog Konseling, psikolog klinis, psikolog organisasi industri , terapis Pernikahan/Keluarga/Anak serta HRD.

4. Administrasi Bisnis

Jurusan ini dikenal juga dengan nama Administrasi Niaga mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

Baca juga: Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Jurusan Psikologi

 

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK.

Prospek kerja jurusan: Agen pembelian, administrasi, sekretaris eksekutif, manajer produksi industri.

5. Administrasi Fiskal

Para mahasiswa jurusan Administrasi Fiskal mempelajari seluk beluk pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, terutama sektor pajak.

Jurusan ini punya beberapa spesialisasi studi yaitu: dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, Pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan keuangan negara.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi.

Prospek kerja jurusan ini: Pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, pegawai pajak.

6. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja jurusan: perencana keuangan, ekonom, pengajar ekonomi, pembuat kebijakan pembangunan.

7. Akuntansi

Akutansi adalah salah satu program/jurusan kuliah yang mempelajari tentang keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, serta standar profesional dan etika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Akuntansi.

Prospek kerja jurusan: Akuntan, pemeriksa keuangan, manajer keuangan.

8. Perpajakan

Jurusan Perpajakan mempelajari bidang perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Nantinya, lulusan perpajakan diharapkan mampu menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan.

Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku.

Baca juga: Bingung Memilih Jurusan, Berikut 6 Pekerjaan untuk Ahli Komputer

 

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
TIPS, TRIK, DAN TUTORIAL
Jangan Bingung Lagi, Ini 5 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang Sempurna
Jangan Bingung Lagi, Ini 5 Cara...
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X