25 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA dan Prospek Kariernya

Kompas.com - 28/11/2019, 09:42 WIB
Olimpiade Penemu 2012 - Siswa SMA 1 Jepara menyiapkan alat peraga untuk pembuatan bioetanol dari alga dalam kompetisi Olimpiade Penemu 2012 tingkat Jawa Tengah di Taman Pintar, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10/2012). Peserta yang lolos dalam kompetisi karya ilmiah bidang matematika, fisika, ilmu komputer dan ekologi ini nantinya dipersiapkan untuk tingkat Asia Pasifik.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAOlimpiade Penemu 2012 - Siswa SMA 1 Jepara menyiapkan alat peraga untuk pembuatan bioetanol dari alga dalam kompetisi Olimpiade Penemu 2012 tingkat Jawa Tengah di Taman Pintar, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10/2012). Peserta yang lolos dalam kompetisi karya ilmiah bidang matematika, fisika, ilmu komputer dan ekologi ini nantinya dipersiapkan untuk tingkat Asia Pasifik.

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020.

Bagi siswa kelas 12 dengan peminatan IPA, bisa jadi ada yang masih merasa bingung jurusan kuliah apa yang akan kamu pilih nantinya. Jurusan kuliah apa saja yang bisa dipilih oleh siswa SMA peminatan IPA?

Bila masih bingung, mungkin panduan 25 pilihan jurusan kuliah dari Rencanamu.id ini dapat menjadi pertimbangan.

Pastinya, kamu harus memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu miliki.

Berikut 25 jurusan kuliah yang dapat dipilih siswa SMA IPA. Urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat, tetapi disusun secara acak:

1. Pendidikan Kedokteran

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera.

Baca juga: 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik bagi Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerja

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan: Dokter Anak, Dokter Kandungan dan Ginekologi, Dokter Pengobatan Nuklir atau Dokter Pengobatan Olahraga.

2. Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X