25 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA dan Prospek Kariernya

Kompas.com - 28/11/2019, 09:42 WIB
Olimpiade Penemu 2012 - Siswa SMA 1 Jepara menyiapkan alat peraga untuk pembuatan bioetanol dari alga dalam kompetisi Olimpiade Penemu 2012 tingkat Jawa Tengah di Taman Pintar, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10/2012). Peserta yang lolos dalam kompetisi karya ilmiah bidang matematika, fisika, ilmu komputer dan ekologi ini nantinya dipersiapkan untuk tingkat Asia Pasifik.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAOlimpiade Penemu 2012 - Siswa SMA 1 Jepara menyiapkan alat peraga untuk pembuatan bioetanol dari alga dalam kompetisi Olimpiade Penemu 2012 tingkat Jawa Tengah di Taman Pintar, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/10/2012). Peserta yang lolos dalam kompetisi karya ilmiah bidang matematika, fisika, ilmu komputer dan ekologi ini nantinya dipersiapkan untuk tingkat Asia Pasifik.

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020.

Bagi siswa kelas 12 dengan peminatan IPA, bisa jadi ada yang masih merasa bingung jurusan kuliah apa yang akan kamu pilih nantinya. Jurusan kuliah apa saja yang bisa dipilih oleh siswa SMA peminatan IPA?

Bila masih bingung, mungkin panduan 25 pilihan jurusan kuliah dari Rencanamu.id ini dapat menjadi pertimbangan.

Pastinya, kamu harus memilih sesuai apa yang menjadi minat dan bakat yang kamu miliki.

Berikut 25 jurusan kuliah yang dapat dipilih siswa SMA IPA. Urutan pilihan tidak didasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat, tetapi disusun secara acak:

1. Pendidikan Kedokteran

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera.

Baca juga: 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik bagi Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerja

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan: Dokter Anak, Dokter Kandungan dan Ginekologi, Dokter Pengobatan Nuklir atau Dokter Pengobatan Olahraga.

2. Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.

Ilmu Gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan: Ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi Keluarga dan Umum.

3. Farmasi

Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia

Prospek kerja jurusan: Spesialis Kimia, Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker

4. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek.

Bagaimana penanganan bahaya yang ada di tempat kerja dipelajari di bangku kuliah. Begitu pula langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisasi kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja 

5. Teknologi Pangan

Program studi Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer.

Jurusan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan memengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan: Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan

6. Astronomi

Ilmu Astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi.

Jurusan ini dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika

Prospek kerja jurusan ini: Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa

7. Statistika

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data.

Fungsi statistika sendiri adalah sebagai pijakan pengambilan keputusan. Tanpa analisis data akurat, pengambilan keputusan tepat tidak akan pernah bisa terjadi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika

Prospek kerja jurusan: Peneliti Survei, Ahli Statistik, dan Aktuaria

8. Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia.

Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X