Ciputra dan Dunia Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia

Kompas.com - 28/11/2019, 10:27 WIB
Ciputra KOMPAS.com/LASTI KURNIACiputra

KOMPAS.com- Pendiri Ciputra Group, Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu (27/11/2019) pukul 01.15 waktu setempat. Ciputra meninggal di usia 88 tahun.

Ciputra semasa hidupnya dikenal peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia. Ciputra punya komitmen untuk pengembangan sikap dan keterampilan kewirausahaan di generasi muda Indonesia.

Konsentrasi kepedulian Ciputra untuk pendidikan dirangkum dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bernama Ciputra Education. Ciputra ingin mendorong kewirausahaan sebagai kunci untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dikutip dari website Ciputra.com, Ciputra Education ingin menekankan pentingnya kewirausahaan secara luas diakui hari ini sebagai keterampilan positif untuk dikembangkan melalui pembelajaran seumur hidup, dan pembelajaran pengalaman.

Ciputra Education

Ciputra mengelola beberapa institusi pendidikan dari TK hingga Universitas. Sekolah- sekolah yang dikelola oleh Ciputra adalah Sekolah Citra Kasih dan Sekolah Citra Berkat, Sekolah Ciputra Raya, Don Bosco serta Yayasan Jaya Raya.

Baca juga: Citra Kasih Don Bosco dan Upaya Mewujudkan Mimpi Ciputra Melahirkan 2 Juta Entreprenuer

Adapun beberapa universitas yang dikelola Ciputra ialah Tarumanegara, Prasetya Mulya, dan University of Ciputra.

Selain itu, ia juga menduduki jabatan sebagai dewan penyantun di beberapa universitas, di antaranya ialah Sam Ratulangi di Sulawesi Utara, Universitas Kristen Petra di Surabaya, dan beberapa lagi lainnya.

Ciputra Education dalam mencapai visi untuk mendorong pendidikan kewirausahaan di Indonesia memiliki sejumlah prioritas.

Pertama, Ciputra mempromosikan pengembangan kualitas pribadi yang relevan dengan kewirausahaan, seperti kreativitas, pengambilan risiko dan tanggung jawab.

Kedua, Ciputra meningkatkan kesadaran siswa tentang wirausaha sebagai pilihan karir. Ketiga, memberikan siswa dengan peluang untuk mengembangkan dan menampilkan keterampilan teknis dan bisnis yang penting dalam kegiatan kewirausahaan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X