2 Jurusan Ini Banyak Diincar Perusahaan untuk Posisi "Data Scientist"

Kompas.com - 04/12/2019, 17:47 WIB
Meet Up ke dua DQlab ke Microsoft Indonesia menjabarkan proses serta pemanfaatan machine learning di berbagai industri lewat Data Science Enablement Program (14/11/2018). Dok. DQLabMeet Up ke dua DQlab ke Microsoft Indonesia menjabarkan proses serta pemanfaatan machine learning di berbagai industri lewat Data Science Enablement Program (14/11/2018).

KOMPAS.com - Jika kamu tertarik bekerja di bidang data, tentunya sudah banyak artikel memuat latar belakang pendidikan apa saja yang mumpuni guna menjadi seorang Data Scientist.

Namun, tahukah kamu, ternyata 2 lulusan jurusan ini ternyata paling dicari perusahaan. 

DQLab.id, platform belajar data science online yang dikembangkan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan PHI-Integration, melakukan survei langsung dengan Agung (HR Amartha Fintech Lending) mengenai latar belakang pendidikan atau jurusan kuliah yang diprioritaskan perusahaannya:

1. Teknik Informatika

Lulusan jurusan teknik informatika memiliki peran besar di bidang data. Menguasai skill mengolah data merupakan hal dasar harus dimiliki seorang calon data scientist lulusan Teknik Informatika.

Perusahaan secara spesifik membutuhkan seorang data scientist yang mumpuni dalam mengolah, menerjemahkan serta memvisualisasikan data untuk membantu proses pengambilan keputusan agar lebih cepat dan akurat.

“Baik SMA maupun SMK yang memiliki latar belakang Teknik Informatika akan kami prioritaskan, karena mereka sudah menguasai dasarnya yang nanti akan memudahkan mereka dalam pengolahan data,” ujar Agung, HR Amartha.

Dengan menguasai dasar skill dari data scientist, perusahaan pun akan lebih mudah menyeleksi talenta data scientist sehingga mampu melengkapi kinerja dari sebuah perusahaan.

2. Matematika

Kemampuan dalam berpikir logis dan pemahaman ilmu matematika atau statistika merupakan bidang ilmu yang wajib dimiliki seorang data science.

Maka dari itu perusahaan membutuhkan seorang calon data scientist dengan latar belakang pendidikan Matematika untuk mengolah dan menganalisa data.

Algoritma matematika dan statistika dibutuhkan dalam menghasilkan prediksi yang dapat dipertanggung jawabkan tingkat akurasinya untuk menjadi solusi tepat bagi perusahaan.

“Kami menerima fresh graduate baik S1 maupun D3 dari lulusan Matematika, hal ini memudahkan kita untuk memposisikan calon data scientist saat bekerja nanti,” tutup Agung.

Lulusan Teknik Informatika dan Matematika hingga saat ini memiliki kesempatan besar untuk bisa memulai karir di bidang data.

Namun tak hanya itu, keinginan kuat dan tingkat kreativitas tinggi juga menjadi nilai tambah seorang data scientist. Kami bisa mempelajari skill dibutuhkan untuk memulai karir menjadi praktisi data di dqlab.id.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X