4 Cara Ini Bisa Buat Kamu “Santuy” Menghadapi UN

Kompas.com - 10/12/2019, 10:34 WIB
Ilustrasi belajar SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar

KOMPAS.com - Jadwal Ujian Nasional ( UN) 2020 telah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Demikian pula Mendikbud Nadiem Makarin telah memastikan UN 2020 masih akan tetap dilaksanakan.

Bagi beberapa siswa UN dianggap menakutkan karena menjadi salah satu penentu hasil belajar selama di sekolah.

Pastinya, UN akan sulit jika kamu tidak menyiapkannya secara baik sebelum jauh-jauh hari. Kalau saja kamu memiliki persiapan matang dan juga pede, dijamin kamu bisa santuy atau santai menjalani UN.

Di rangkum dari platform pembelajaran berbasis daring dari Gramedia, Edutore.com dan beberapa sumber. Berikut 4 cara yang bisa bikin kamu santuy untuk menghadapi UN:

1. Buat jadwal dan rencana belajar

Buatlah jadwal dan rencana belajar pada jauh-jauh hari sebelum UN dilaksanakan. Jadwal dan rencana yang kamu buat dapat mengikuti jadwal pelajaran di sekolah.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Kisi-Kisi UN SMA 2020 untuk Semua Mata Pelajaran

Misal, bila hari Senin ada pelajaran Bahasa Inggris dan IPA di sekolah maka pulang sekolah kamu bisa mengatur jadwal dan rencana belajar tersebut. Contohnya, jam 16.00 WIB belajar Bahasa Inggris, lalu nanti kamu lanjutkan jam 19.00 untuk belajar IPA.

2. Ikut bimbel atau les

Salah satu keuntungan jika kamu belajar di tempat les adalah kamu bisa langsung tanya jawab kepada guru yang mengajar di tempat bimbelmu. Kamu tidak hanya fokus mendapatkan pelajaran dari sekolah saja.

“Kalau ditempat bimbel jadi asik, selain tambah teman, tambah ilmu juga. Ada aja ilmu yang belum pernah kita dapatkan di sekolah, nah di tempat bimbel kita bisa dapetin. Apalagi yang kita gak tahu bisa enak nanya semaunya,” ujar Dewa Ayu Nyoman Ginanti, mahasiswi STPN ( Sekolah Tinggi Pertanahan Negara) yang pernah bimbel disalah satu tempat bimbel.

Kalaupun kamu tidak memiliki biaya ekstras untuk bimbel, kamu masih bisa mencari banyak referensi belajar di youtube atau di google kok.

3. Perbanyak latihan soal

Banyak mengerjakan latihan soal akan membantu dalam mendalami materi pelajaran. Latihan-latihan soal yang kamu kerjakan bisa kamu peroleh dari buku-buku UN yang dijual di toko buku yang berkredibel, atau di platform yang menyediakan buku/soal UN tepercaya seperti Edutore.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X