Vokasi UI Raih Juara VOICE Nasional 2019

Kompas.com - 12/12/2019, 19:32 WIB
Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi UI kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang kompetisi Vocational Banking and Finance Competition (VOICE) yang berlangsung pada 4-5 Desember 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). DOK. VOKASI UIProgram Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi UI kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang kompetisi Vocational Banking and Finance Competition (VOICE) yang berlangsung pada 4-5 Desember 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

KOMPAS.com - Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi UI kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang kompetisi Vocational Banking and Finance Competition (VOICE) yang berlangsung pada 4-5 Desember 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Vokasi UI meraih beberapa gelar juara antara lain:

  • Juara 1 Grooming Putra Putri Bankir 2019 oleh Vici Saputri.
  • Juara 1 Essai tema “SDM yang Adaptif Terhadap Fintech” diraih oleh Adrian Alamsyah Saputra.
  • Juara 2 dan Harapan 2 Teller Competition diraih oleh Anggietha Maharani dan Tira Nur Fahira.

Ajang kompetisi VOICE tersebut merupakan rangkaian dari acara Kongres Nasional II Asosiasi Program Diploma Tiga Keuangan dan Perbankan Indonesia (ADIKPI).

Kompetisi VOICE

VOICE merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Keuangan Perbankan Indonesia (HMKPI) dibawah pengawasan Dosen Ilmu Keuangan Perbankan Indonesia (ADIKPI) yang diselnggarakan tahunan dan pada 2019 diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang.

Baca juga: Kampus Hijau Terbaik di Dunia Tahun 2019 Adalah...

 

Adapun jenis kompetisi diadakan adalah Teller competition (on the spot); Customer Service Competition (on the spot); Grooming (on the spot); esai dengan tema “SDM yang Adaptif Terhadap Fintech” (online); Video financial planner (online); dan Business plan (online).

Kompetisi digelar selama 3 hari ini diikuti Program Studi Keuangan Perbankan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti UI, Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII), Politeknik Negeri Semarang, Universitas Wali Songo, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan lain lain.

Pengurus baru ADIKPI

Pemilihan kepengurusan baru ADIKPI dan penandatanganan MOU. Pada pergantian pengurus tersebut terpilih Dede Suryanto, Ketua Program Studi Adm. Keuangan dan Perbankan Vokasi UI sebagai Ketua Umum ADIKPI periode 2019-2021.DOK. VOKASI UI Pemilihan kepengurusan baru ADIKPI dan penandatanganan MOU. Pada pergantian pengurus tersebut terpilih Dede Suryanto, Ketua Program Studi Adm. Keuangan dan Perbankan Vokasi UI sebagai Ketua Umum ADIKPI periode 2019-2021.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pula pemilihan kepengurusan baru ADIKPI dan penandatanganan MOU. Pada pergantian pengurus tersebut terpilih Dede Suryanto, Ketua Program Studi Adm. Keuangan dan Perbankan Vokasi UI sebagai Ketua Umum ADIKPI periode 2019-2021.

Dalam sambutannya Dede mengapresiasi capaian pengurus sebelumnya yang telah berhasil menuntaskan kerangka capaian pembelajaran D3 dan harapannya pengurus yang baru dapat menuntaskan kerangka capaian pembelajaran D4.

“Semoga keanggotaan ADIKPI kedepan dapat bertambah lagi agar tercipta sinergi dan kerjasama untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi vokasi khususnya bidang keuangan dan perbankan.”

Administrasi Keuangan dan Perbankan

Untuk mendukung kesiapan kerja dan skill mumpuni, Vokasi UI memfasilitasi beragam laboratorium yang dirancang sedemikian rupa sehingga menyesuaikan situasi yang sebenarnya di lingkup industri.

Kepala Laboratorium Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI Vindaniar Yuristamanda Putri menjelaskan saat ini terdapat 4 laboratorium utama untuk prodi Admistrasi Keuangan dan Perbankan, yaitu: Laboratorium Mini Bank, Galeri Investasi untuk simulasi bursa saham,Laboratorium Treasury dan Laboratorium Kredit&Financing.

Keunggulan lainnya, Vokasi UI juga telah berafiliasi dengan institusi pemerintah maupun swasta untuk program kerja sama berupa magang bersertifikat dan Campus Hiring.

"Di akhir masa studi seluruh mahasiswa juga wajib mengikuti uji sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi terkait," tutur Vinda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X