Universitas Prasetiya Mulya Siapkan Prodi dan Politeknik Baru

Kompas.com - 13/12/2019, 18:16 WIB
Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan Collaborative STEM Laboratories sebagai tempat mahasiswa bereksperimen dan menghadirkan inovasi-inovasi baru di bidang sains dan teknologi. Dok. Universitas Prasetiya MulyaUniversitas Prasetiya Mulya menghadirkan Collaborative STEM Laboratories sebagai tempat mahasiswa bereksperimen dan menghadirkan inovasi-inovasi baru di bidang sains dan teknologi.

KOMPAS.com - Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) berencana membuka sejumlah program studi ( prodi) dan politeknik baru. Rencana muncul guna menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia ke depan.

Rektor Universitas Prasmul, Prof. Djisman Simandjuntak mengatakan rencana perluasan portofolio universitas yaitu arts and humanity. Menurutnya, kebutuhan kompetensi artistic skills sangat diperlukan terkait perkembangan teknologi saat ini.

"Dulu kita kalau presentasi kita tak pakai alat apapun, sekarang kalau presentasinya tidak visual hampir tidak berdampak. Untuk membuat sesuai yang visual kita perlu artist di samping kemampuan digital," kata Prof. Djisman di Jakarta beberapa waktu lalu.

Perkembangan dunia genome editing juga memantik Universitas Prasmul untuk menyiapkan program studi Biologi. Menurut Prof. Djisman, genome editing akan berperan besar dalam sektor agrikultur, kesehatan, peternakan, dan dunia siber.

"Rencana besar kedua adalah politeknik. Kalau yang sekarang prodi-prodi Prasetiya Mulya, muaranya adalah sarjana. Walaupun kita adalah tetap mengembangkan learning by enteprising," ujar Prof. Djisman.

Baca juga: Wisuda Universitas Prasmul: Semangat Keterbukaan Jendela Menuju Perubahan

Prof. Djisman menyebutkan akan memacu terus lulusan Universitas Prasetiya Mulya untuk terus mejjadi pengusaha lewat program universitas saat ini. Rencana politeknik akan direalisasikan pada tahun 2023.

"Kita juga berencana 2023 akan meluncurkan program politeknik, yang lebih teknikal daripada sarjana," tambah Prof. Djisman.

Menurut Prof. Djisman, rencana yang banyak disiapkan tak akan membuat Universitas Prasetiya Mulya menjadi universitas yang besar. Ia menegaskan Universitas Prasetiya Mulya akan tetap menjadi universitas yang berskala sedang.

"Kita mau tetap mau jadi universitas yang sedang. Target mahasiswanya 10.000 orang, sekarang mahasiswanya 5.000 orang," ujarnya.

Pengembangan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Prasmul

 Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Djisman Simandjuntak

Prof. Agus W. Soehadi selaku Dekan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya menambahkan akan mengembangkan jurusan Teknik Industri (industrial engineering). Menurutnya, jurusan Teknik Industri berperan penting untuk mewujudkan efisiensi biaya logistik ekspor.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X