KILAS

Giatkan Masyarakat Menulis, Kepala Perpusnas Apresiasi Bupati Magetan

Kompas.com - 31/12/2019, 10:47 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dampingi Bupati Magetan Suprawoto luncurkan Pameran Buku Karya Penulis Lokal di Pendopo Surya Grha, Senin (30/9) Dok. PerpusnasKepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dampingi Bupati Magetan Suprawoto luncurkan Pameran Buku Karya Penulis Lokal di Pendopo Surya Grha, Senin (30/9)

KOMPAS.com – Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengapresiasi Bupati Magetan Suprawoto yang sukses menggiatkan masyarakat untuk menulis.

Syarif Bando menyampaikan apresiasi itu saat menghadiri Sarasehan Literasi dan Peluncuran Pameran Buku hasil karya masyarakat Magetan.

Acara yang meluncurkan 450 buku karya 328 penulis dari berbagai latar belakang keilmuan itu digelar di Pendopo Surya Grha, Senin (30/12/2019).

Sebanyak 450 buku itu juga telah menjadi koleksi Perpustakaan Umum Magetan sehingga siapa saja bisa membacanya.

Sesuai arahan Kepala Perpusnas

Apa yang Suprawoto lakukan memang sejalan dengan arahan Kepala Perpusnas kepada kepala daerah untuk mendorong penulis lokal mengangkat konten di daerahnya.

Konten itu seperti adat budaya, sejarah, hingga potensi sumber daya daerah yang tentu akan semakin melengkapi koleksi umum di perpustakaan daerah.

“Dengan begitu, masyarakat tidak hanya pintar, tetapi memiliki akar budaya daerah yang kuat,” ujar Syarif Bando dalam keterangan tertulis (31/12/2019).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melanjutkan, masyarakat pun akan memiliki kemampuan untuk bisa mengolah dan mengembangkan potensi di daerahnya.

Baca juga: Perpusnas Tingkatkan Literasi dengan Perluas Perpustakaan hingga ke Desa

Saat berkunjung ke daerah, Kepala Perpusnas memang selalu mengajak para kepala daerah untuk mendorong penulis lokal dan masyarakat untuk memberi sumbangsih pemikirannya tentang kearifan lokal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas tidak hanya meresmikan Gedung Perpustakaan Umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X